Menembus Semak dan Hutan Menuju Air Terjun Muncar, Simak Tipsnya

Kompas.com - 14/06/2019, 14:10 WIB
Air Terjun Muncar Wonogiri yang tersembunyi di tengah Pergunungan Lawu Selatan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Air Terjun Muncar Wonogiri yang tersembunyi di tengah Pergunungan Lawu Selatan.

WONOGIRI, KOMPAS.com – Kawasan Bendungan dan Air Terjun Muncar merupakan obyek wisata bagi masyarakat Wonogiri, Jawa Tengah, yang ingin merasakan sejuknya udara pegunungan di wilayah mereka.

Berada pada ketinggian sekitar 1.000 meter di permukaan laut (mdpl), sejuknya udara pegunungan sudah bisa dirasakan di sini. Selain sejuk, Air Terjun Muncar juga begitu segar karena bersumber langsung dari Pegunungan Lawu Selatan.

Baca juga: Perjalanan Menembus Hutan dan Semak Menuju Air Terjun Muncar Wonogiri

Namun bagi mereka yang ingin menyambangi Air Terjun Muncar, diperlukan perjalanan selama kurang-lebih satu jam dengan berjalan kaki menembus semak dan hutan. Jika kamu berniat ke Air Terjun Muncar, simak 4 tips berikut ini:

1. Kenakan Pakaian yang Tepat

Setelan pakaian, mulai dari kaus, celana, hingga alas kaki yang dipakai untuk menempuh perjalanan menuju titik air terjun harus pas. Semua itu harus cocok untuk aktivitas fisik. Mulai dari kaus, kenakan yang ringan dan serap keringat.

Perjalanan menuju Air Terjun Muncar Wonogiri melewati jalan setapak.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Perjalanan menuju Air Terjun Muncar Wonogiri melewati jalan setapak.

Selanjutnya, gunakan celana dengan bahan yang ringan, elastis, dan serap keringat. Hindari memakai jeans karena bahan itu kaku sehingga tidak nyaman saat melewati medan berat dan menjadi berat ketika basah.

Baca juga: Menikmati Sejuk dan Asrinya Alam di Bendungan Candi Muncar Wonogiri

Sementara alas kaki yang dikenakan harus kuat. Bagian sol pun harus antiselip karena beberapa titik perjalanan akan melewati batu yang cukup curam dan agak licin.

2. Bawa Bekal

Perjalanan menuju Air Terjun Muncar cukup menguras fisik. Beberapa titik kondisi jalannya menanjak sehingga membuat lelah. Guna menjaga stamina, hendaknya membawa serta bekal makanan untuk disantap saat lelah.

Jalan setapak di tengah hutan menuju Air Terjun Muncar Wonogiri.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Jalan setapak di tengah hutan menuju Air Terjun Muncar Wonogiri.

Untuk air, kamu bisa tidak membawa. Hal itu karena air terjun begitu bersih dan segar sehingga bisa langsung diminum. Namun sebelum meminum, pastikan air bebas dari kotoran seperti daun atau serangga.

Setelah makan, jangan sampai lupa untuk membawa kemasan atau bungkus makanan. Jalur menuju Air Terjun Muncar masih asri sehingga sampah akan merusak keasrian itu.

3. Persiapkan Fisik dan Stamina

Halaman:



Close Ads X