Ke Gombong, Jangan Lewatkan Kuliner Mendoan Bakar yang Bikin Ngiler

Kompas.com - 29/07/2019, 16:10 WIB
Kuliner mendoan goreng dan mendoan bakar yang bisa ditemukan di Alun-alun Gombong.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kuliner mendoan goreng dan mendoan bakar yang bisa ditemukan di Alun-alun Gombong.

KEBUMEN, KOMPAS.com – Mampir ke suatu daerah tentu belum komplit jika tidak sekalian mencicipi kuliner khas yang ada di sana. Begitu pula saat berkunjung ke Gombong. Jangan lewatkan mencicipi kuliner khas di kecamatan yang ada di Kabupaten Kebumen.

Lalu, apa kuliner khas di Kecamatan Gombong. Salah satunya ternyata adalah mendoan. Mungkin bagi sebagian orang, mendoan merupakan kuliner yang sudah biasa karena bisa ditemukan di banyak tempat melalui penjual gorengan.

Baca juga: Mencicipi Roti Kembang Waru, Kuliner Mewah Zaman Mataram Islam

Namun, mendoan yang ada di Gombong tidaklah sama dengan daerah-daerah lainnya. Kebanyakan, mendoan bisa jadi hanya seukuran tempe biasa yang disajikan bersama aneka gorengan lainnya.

Perbedaan mendoan di Gombong dengan mendoan lain yang pertama dilihat dari ukurannya. Rata-rata mendoan di Gombong berukuran besar dan lebar. Ukurannya bervariasi, ada yang se-telapak tangan, ada pula yang sebesar plat nomor kendaraan bermotor.

Sajian mendoan bakar yang unik dan mengenyangkan

Keunikan lain medoan Gombong ada pada cara memasaknya. Jika mendoan yang disajikan dengan cara biasa dirasa sudah terlalu biasa, maka ada sajian mendoan lain yang bisa ditemukan, yakni dengan cara dibakar.

Kuliner mendoan bakar ini merupakan variasi dari mendoan di Gombong. Cara memasaknya pun awalnya sama dengan mendoan goreng biasa. Namun setelah matang, mendoan akan dipanggang atau dibakar dengan ditambah bumbu kecap.

Baca juga: Jelajah Pantai Menganti di Kebumen, New Zealand-nya Indonesia

Setelah matang, maka akan tersaji mendoan bakar dengan rasa yang berbeda dari mendoan goreng. Jika mendoan goreng rasanya cenderung asin dan gurih, maka mendoan bakar rasanya lebih manis karena bumbu kecap.

Variasi rasa mendoan bakar yang unik itu semakin lengkap dengan ukuran mendoan yang cukup besar sehingga bisa mengenyangkan perut. Satu porsi mendoan bakar pun terdiri dari dua mendoan.

Di manakah tempat membeli mendoan bakar?

Mencari kuliner mendoan memang mudah di Gombong. Ada banyak penjual mendoan dengan ukuran besar yang mengenyangkan. Penjual mendoan akan banyak dijumpai di tempat-tempat wisata sekitar Gombong seperti Waduk Sempor.

Namun untuk menemukan mendoan bakar, kuliner itu tidak begitu banyak ditemukan dan hanya ada di tempat-tempat tertentu saja. Salah satu tempat untuk menemukan mendoan bakar adalah di Alun-alun Gombong.

Kuliner mendoan goreng dan mendoan bakar di Alun-alun Gombong.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kuliner mendoan goreng dan mendoan bakar di Alun-alun Gombong.
Penjual mendoan bakar di sana biasanya berlokasi di dekat Masjid-Al Muttaqin Gombong. Waktu yang pas untuk membeli mendoan bakar ini adalah saat malam minggu ketika Alun-alun Gombong cukup ramai.

Harga satu porsi mendoan adalah sekitar Rp 5.000. Agar lebih nikmat, pembeli bisa memesan mendoan goreng dan mendoan bakar dalam satu porsi. Harga satu porsi untuk pemesanan seperti itu adalah Rp 6.000.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X