Awal 2019, Ditjen Imigrasi Tambah 18 Kantor Imigrasi untuk Pembuatan Paspor Elektronik

Kompas.com - 06/09/2019, 20:26 WIB
Ilustrasi: Tampak paspor elektronik yang diperlihatkan di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (23/11/2016). Ada tanda-tanda kecil yang membedakan antara paspor biasa dengan paspor elektronik, termasuk dengan ketebalan paspor yang berbeda. KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAIlustrasi: Tampak paspor elektronik yang diperlihatkan di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (23/11/2016). Ada tanda-tanda kecil yang membedakan antara paspor biasa dengan paspor elektronik, termasuk dengan ketebalan paspor yang berbeda.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Ditjen Imigrasi Kemenkumham) berencana menambah layanan penerbitan paspor elektronik di sejumlah kantor imigrasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Nantinya, masyarakat bisa membuat paspor elektronik di kantor-kantor imigrasi yang telah ditunjuk mulai awal tahun 2019.

"Kami perkirakan di awal tahun akan bisa terlaksana bila tidak ada kendala," kata Kepala Subbagian Hubungan Imigrasi Ditjen Imigrasi Kemenkumham, Sam Fernando saat dikonfirmasi KompasTravel , Jumat (6/9).

Baca juga: Paspor Biasa atau Paspor Elektronik, Pilih yang Mana?

Saat ini, pihak Ditjen Imigrasi sedang melakukan persiapan secara teknis untuk layanan penerbitan elektronik.

Persiapan meliputi blangko paspor, petugas pelaksana, hingga sistem yang mendukung layanan penerbitan paspor elektronik.

"Kami saat ini sedang mempersiapkan sistem secara keseluruhan. Saat ini masih dalam tahap persiapan secara teknis," ujarnya.

Ribuan warga mengantri untuk mendapatkan paspor di Festival Keimigrasian di Monas Minggu (21/1/2018). Sebanyak 1.600 paspor disediakan bagi warga yang ingin memperpanjang atau mendapatkan paspor elektronikKompas.com/Setyo Adi Ribuan warga mengantri untuk mendapatkan paspor di Festival Keimigrasian di Monas Minggu (21/1/2018). Sebanyak 1.600 paspor disediakan bagi warga yang ingin memperpanjang atau mendapatkan paspor elektronik

Menurutnya, penambahan layanan penerbitan paspor elektronik dilakukan Ditjen Imigrasi lantaran melihat animo masyarakat yang tinggi terhadap permohonan paspor tersebut.

Baca juga: Memahami Perbedaan Paspor Biasa dengan Paspor Elektronik

Adapun kantor-kantor imigrasi yang disiapkan untuk melayani pembuatan paspor elektronik berikut ini.

1. Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Medan

2. Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Ngurah Rai

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X