KILAS

Konser Musik Alam 2k19 Banjir Pujian Sekaligus Dukungan

Kompas.com - 02/10/2019, 14:00 WIB
Pusakata menjadi bintang utama dalam acara Musik Alam 2k19 yang dilaksanakan di Tanjung Selor, Kalimantan Utara (Kaltara), Minggu (29/9/2019). Dok. KemenparPusakata menjadi bintang utama dalam acara Musik Alam 2k19 yang dilaksanakan di Tanjung Selor, Kalimantan Utara (Kaltara), Minggu (29/9/2019).

KOMPAS.com – Pertunjukkan Musik Alam 2k19 yang diselenggarakan di Tanjung Selor, Kalimantan Utara (Kaltara), Minggu (29/9/2019) menuai respon positif dari banyak pihak.

Ketua Tim Pelaksana Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Esthy Reko Astuty mengaku senang melihat kreativitas anak muda Kaltara.

"Borneo itu dikenal dengan hutannya. Jadi konsep musik alam ini saya rasa sudah pas jika yang disasar adalah ekowisata berbasis alam," kata Esthy.

Di lain sisi, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, sebagai daerah yang dekat dengan negara tetangga, Kaltara harus menggelar event-event berkualitas.

Baca juga: Festival Musik Alam, Tren Baru Menikmati Musik

"Kalimantan Utara termasuk dalam border area yang menjadi pintu wisatawan Malaysia. Potensinya sangat bagus, namun perlu dilengkapi dengan atraksi berkualitas," kata Arief lewat rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (2/10/2019).

Selain itu, Menpar mengingatkan, aksesibilitas dan amenitas juga perlu ditingkatkan agar indikator Aksebilitas, Amenitas, dan Atraksi (3A) Kaltara sebagai destinasi wisata dapat terpenuhi.

“Ketiga unsur itu sangat penting dan saling terkait. Jika 3A diperkuat, Kaltara bisa semakin ramai dikunjungi wisatawan mancanegara (wisman),” terang Arief.

Mengetahui respon seperti itu, Gubernur Kaltara Irianto Lambrie menegaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan terus mendukung acara ini, bahkan menjadikannya sebagai agenda tahunan.

Baca juga: Kementan Siapkan Kaltara Jadi Penopang Kebutuhan Pangan Ibu Kota Baru

Selain itu, Irianto berencana membangun tempat khusus di Tanjung Selor untuk anak-anak muda berkreativitas.

"Kegiatan ini positif dan perlu didukung, karena dengan kreativitas anak-anak muda tersebut, bisa membawa kemajuan pariwisata di Kaltara," kata Irianto.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X