Nikmati Penganan Tradisional Jagung Keurabe Jasuke

Kompas.com - 07/10/2019, 08:00 WIB
Jajanan Jasuke di Jalan Samudra, Kota Lhokseumawe, Aceh, Jumat (4/10/2019) KOMPAS.com/MASRIADI Jajanan Jasuke di Jalan Samudra, Kota Lhokseumawe, Aceh, Jumat (4/10/2019)

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Rak kecil berukuran setengah meter x 1,5 meter dipajang di pinggir Jalan Samudra, Kota Lhokseumawe. Tepat berada di kompleks sekolah di kota yang dulu dijuluki petro dollar itu.

Di sanalah gerai Jasuke ( jagung, susu, keju). Dalam masyarakat Aceh, penganan jenis ini disebut jagung keurabe. Terjemahan sederhana ke bahasa Indonesia, jagung yang dicampur dengan kelapa yang diparut halus.

Pemilik MN Jasuke, Muhammad Nasrullah, Jumat (4/10/2019) menyebutkan, jagung keurabe dibuat lebih modern agar cocok dengan generasi milenial menjadi Jasuke. Padahal, penganan ini makanan tradisional Aceh yang nyaris tidak tersedia lagi di warung-warung.

Penganan ini, bagi masyarakat Aceh, mengurai kenangan penganan masa lalu. Sehingga, bukan hanya disukai generasi tua, tapi generasi milineal hingga anak-anak juga menyenanginya.

“Saya modifikasi sedikit jagungnya. Kalau dulu kan jagung direbut lalu dilumuri kelapa. Sekarang jagung dikukus, ditaburi keju, susu dan ada juga yang khusus kelapa. Ini menambah citra rasa nikmat, coklat, saus, dan blueberry sebagai padupadannya,” kata Nasrullah.

Jajanan Jasuke diJalan Samudra, Kota Lhokseumawe, Aceh, Jumat (4/10/2019)KOMPAS.com/MASRIADI Jajanan Jasuke diJalan Samudra, Kota Lhokseumawe, Aceh, Jumat (4/10/2019)

Saat ini, Nasrullah membuka gerai Jasuke di Jalan Samudera, Lapangan Hiraq Lhokseumawe dan Teumpok Tengoh, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X