Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nikmati Penganan Tradisional Jagung Keurabe Jasuke

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Rak kecil berukuran setengah meter x 1,5 meter dipajang di pinggir Jalan Samudra, Kota Lhokseumawe. Tepat berada di kompleks sekolah di kota yang dulu dijuluki petro dollar itu.

Di sanalah gerai Jasuke (jagung, susu, keju). Dalam masyarakat Aceh, penganan jenis ini disebut jagung keurabe. Terjemahan sederhana ke bahasa Indonesia, jagung yang dicampur dengan kelapa yang diparut halus.

Pemilik MN Jasuke, Muhammad Nasrullah, Jumat (4/10/2019) menyebutkan, jagung keurabe dibuat lebih modern agar cocok dengan generasi milenial menjadi Jasuke. Padahal, penganan ini makanan tradisional Aceh yang nyaris tidak tersedia lagi di warung-warung.

Penganan ini, bagi masyarakat Aceh, mengurai kenangan penganan masa lalu. Sehingga, bukan hanya disukai generasi tua, tapi generasi milineal hingga anak-anak juga menyenanginya.

“Saya modifikasi sedikit jagungnya. Kalau dulu kan jagung direbut lalu dilumuri kelapa. Sekarang jagung dikukus, ditaburi keju, susu dan ada juga yang khusus kelapa. Ini menambah citra rasa nikmat, coklat, saus, dan blueberry sebagai padupadannya,” kata Nasrullah.

Saat ini, Nasrullah membuka gerai Jasuke di Jalan Samudera, Lapangan Hiraq Lhokseumawe dan Teumpok Tengoh, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.


Soal harga, jangan khawatir, relatif murah. Untuk dewasa dijual Rp 8.000 hingga Rp 10.000 per cup tergantung ukuran cup yang digunakan.

“Kalau gerai di dekat sekolah itu untuk anak-anak hanya Rp 3 ribu sampai Rp 5 ribu per cup,” sebutnya.

Ia juga menyediakan layanan antar ke pembeli. Untuk memesan bisa menghubungi 0852 6052 2411.

Pesanan yang akan diantar bila pembelian minimal 5 cup. Biaya delivery sesuai dengan jarak per kilometer sebesar Rp 5.000.

“Kalau jagung saya ambil langsung dari petani. Ini untuk memberdayakan petani lokal juga,” ungkapnya.

Saat ini, dalam sehari, Nasrullah mampu menjual 20 kilogram jagung.

“Masih sedikit penjualan. Tapi ini bukan sebatas jualan lho, ini melestarikan penganan tradisional Aceh,” pungkasnya bangga.

Nah, jika penasaran jagung keurabe, silakan mencoba. Penganan tradisional Aceh yang telah dimodifikasi. Selamat menikmati.

https://travel.kompas.com/read/2019/10/07/080000627/nikmati-penganan-tradisional-jagung-keurabe-jasuke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke