Melepas Penat di Cianjur, Coba Mampir ke Saung Sarongge

Kompas.com - 12/10/2019, 22:19 WIB
Saung Sarongge tampak depan, Saung Sarongge merupakan desa wisata edukasi yang berada di kaki Gunung Gede Kabupaten Cianjur. Kompas.com / Gabriella WijayaSaung Sarongge tampak depan, Saung Sarongge merupakan desa wisata edukasi yang berada di kaki Gunung Gede Kabupaten Cianjur.


CIANJUR, KOMPAS.com - Saung Sarongge merupakan desa wisata edukasi yang berada di kawasan kaki Gunung Gede, Cianjur.

Di dalam Saung Sarongge disediakan untuk tempat rekreasi atau liburan dan juga terdapat aktivitas edukasi atau pendidikan tentang pertanian organik, pertenakan, dan workshop mengenai produk-produk UKM dari ibu-ibu desa Sarongge.

Kawasan yang terbuka untuk umum sejak 2013 ini, terdapat banyak hal yang bisa ditemui.

Baca juga: Kopi Sarongge, Kopi Khas Cianjur dengan Rasa Segar dan Manis

Kamu bisa menemukan perkebunan organik, peternakan, hutan yang masih terjaga, ada area kemah, kegiatan ibu-ibu yang mengelola bank sampah dan membuat barang barang daur ulang, dan masih banyak lagi.

"Iya ini terbuka luas untuk masyarakat yang ingin berwisata di Saung Sarongge, desa wisata edukasi ini untuk umun siapa saja yang ingin belajar dapat datang kemari," jelas Deni Mulyana, salah satu pengurus Saung Sarongge ditemui di Saung Sarongge, Cianjur, Kamis (8/10/2019).

Pengelola berharap jika dibukanya desa wisata ini bukan hanya untuk bersenang-senang, melainkan belajar bagaiaman makanan yang dikirim ke perkotaan merupakan hasil panen dari masyarakat desa.

Kawasan perkebunan Saung Sarongge , Saung Sarongge merupakan desa wisata edukasi yang berada di kaki Gunung Gede Kabupaten Cianjur.Kompas.com / Gabriella Wijaya Kawasan perkebunan Saung Sarongge , Saung Sarongge merupakan desa wisata edukasi yang berada di kaki Gunung Gede Kabupaten Cianjur.
Pengunjung juga bisa ikut memberi makan kelinci, dan hewan ternak lainnya seperti kambing.

"Tujuannya agar tamu mengerti dari mana mereka makan, apa yang mereka dapat di Kota itu hasil kami dari sini. Bagaimana para petani itu ternyata susah, tidak mudah menanam makanan. Agar para pengunjung menghargai proses, menghargai profesi," jelas Wiwiek salah satu pengurus Saung Sarongge.

Dengan suasana yang sejuk dan asri, pemandangan hijau membentang, tempai ini bisa menjadi destinasi liburan yang tepat bagi kamu yang ingin melepas lelah dari dunia perkotaan.

"Kalau wisata kampung, menginapnya di Saung Sarongge ini atau di home stay, dirumah penduduk. Konsepnya live in, kalau disini kegiatannya seperti pertanian, workshop membuat sabun, dan belajar membuat kerajinan," kata Wiwiek.

Baca juga: Manisan Mulia Sari, Manisan Legendaris di Cianjur Sejak Tahun 1950-an

Pengunjung dapat menikmati sensasi memanen hasil perkebunan langsung seperti bayam jepang, kubis, buncis dan langsung belajar memasaknya dengan ibu-ibu dari Sarongge.

Suasana makan yang disediakan berupa liwetan, atau makan berramai-ramai di atas daun pisang di Saung Sarongge, Saung Sarongge merupakan desa wisata edukasi yang berada di kaki Gunung Gede Kabupaten Cianjur.Kompas.com / Gabriella Wijaya Suasana makan yang disediakan berupa liwetan, atau makan berramai-ramai di atas daun pisang di Saung Sarongge, Saung Sarongge merupakan desa wisata edukasi yang berada di kaki Gunung Gede Kabupaten Cianjur.

Masakan yang dihadirkan juga bisa pesan dengan suasana liwetan atau makan di atas daun pisang yang memanjang. Makan dengan liwet bisa menambah erat hubungan keluarga, teman atau saudara.

Setiap hidangan juga terasa sangat nikmat. Bahan sayuran yang disediakan dari perkebunan organik milik warga yang segar. Yang tak kalah menarik adalah citarasa khas Sunda yang dihadirkan sangat erat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X