Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2019, 22:19 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


CIANJUR, KOMPAS.com - Saung Sarongge merupakan desa wisata edukasi yang berada di kawasan kaki Gunung Gede, Cianjur.

Di dalam Saung Sarongge disediakan untuk tempat rekreasi atau liburan dan juga terdapat aktivitas edukasi atau pendidikan tentang pertanian organik, pertenakan, dan workshop mengenai produk-produk UKM dari ibu-ibu desa Sarongge.

Kawasan yang terbuka untuk umum sejak 2013 ini, terdapat banyak hal yang bisa ditemui.

Baca juga: Kopi Sarongge, Kopi Khas Cianjur dengan Rasa Segar dan Manis

Kamu bisa menemukan perkebunan organik, peternakan, hutan yang masih terjaga, ada area kemah, kegiatan ibu-ibu yang mengelola bank sampah dan membuat barang barang daur ulang, dan masih banyak lagi.

"Iya ini terbuka luas untuk masyarakat yang ingin berwisata di Saung Sarongge, desa wisata edukasi ini untuk umun siapa saja yang ingin belajar dapat datang kemari," jelas Deni Mulyana, salah satu pengurus Saung Sarongge ditemui di Saung Sarongge, Cianjur, Kamis (8/10/2019).

Pengelola berharap jika dibukanya desa wisata ini bukan hanya untuk bersenang-senang, melainkan belajar bagaiaman makanan yang dikirim ke perkotaan merupakan hasil panen dari masyarakat desa.

Kawasan perkebunan Saung Sarongge , Saung Sarongge merupakan desa wisata edukasi yang berada di kaki Gunung Gede Kabupaten Cianjur.Kompas.com / Gabriella Wijaya Kawasan perkebunan Saung Sarongge , Saung Sarongge merupakan desa wisata edukasi yang berada di kaki Gunung Gede Kabupaten Cianjur.
Pengunjung juga bisa ikut memberi makan kelinci, dan hewan ternak lainnya seperti kambing.

"Tujuannya agar tamu mengerti dari mana mereka makan, apa yang mereka dapat di Kota itu hasil kami dari sini. Bagaimana para petani itu ternyata susah, tidak mudah menanam makanan. Agar para pengunjung menghargai proses, menghargai profesi," jelas Wiwiek salah satu pengurus Saung Sarongge.

Dengan suasana yang sejuk dan asri, pemandangan hijau membentang, tempai ini bisa menjadi destinasi liburan yang tepat bagi kamu yang ingin melepas lelah dari dunia perkotaan.

"Kalau wisata kampung, menginapnya di Saung Sarongge ini atau di home stay, dirumah penduduk. Konsepnya live in, kalau disini kegiatannya seperti pertanian, workshop membuat sabun, dan belajar membuat kerajinan," kata Wiwiek.

Baca juga: Manisan Mulia Sari, Manisan Legendaris di Cianjur Sejak Tahun 1950-an

Pengunjung dapat menikmati sensasi memanen hasil perkebunan langsung seperti bayam jepang, kubis, buncis dan langsung belajar memasaknya dengan ibu-ibu dari Sarongge.

Suasana makan yang disediakan berupa liwetan, atau makan berramai-ramai di atas daun pisang di Saung Sarongge, Saung Sarongge merupakan desa wisata edukasi yang berada di kaki Gunung Gede Kabupaten Cianjur.Kompas.com / Gabriella Wijaya Suasana makan yang disediakan berupa liwetan, atau makan berramai-ramai di atas daun pisang di Saung Sarongge, Saung Sarongge merupakan desa wisata edukasi yang berada di kaki Gunung Gede Kabupaten Cianjur.

Masakan yang dihadirkan juga bisa pesan dengan suasana liwetan atau makan di atas daun pisang yang memanjang. Makan dengan liwet bisa menambah erat hubungan keluarga, teman atau saudara.

Setiap hidangan juga terasa sangat nikmat. Bahan sayuran yang disediakan dari perkebunan organik milik warga yang segar. Yang tak kalah menarik adalah citarasa khas Sunda yang dihadirkan sangat erat.

Baca juga: Melihat Proses Pembuatan Tauco Tertua di Cianjur

Wisata hutan, menawarkan menginap di camping ground dengan suasana kaki Gunung Gede. Serta dapat melihat pepohonan dan lebih dekat dengan suasana alam.

Wisata edukasi Saung Sarongge menawarkan beberapa paket, seperti paket wisata keluarga, dengan harga mulai Rp 160.000 per orang hingga Rp 385.000 per orang.

Selain itu, tersedia juga paket karya wisata dengan biaya Rp 90.000 per orang hingga Rp 100.000 per orang. Serta paket trekking 2 hari 1 malam dengan harga Rp 100.000 per orang.

Salah satu kamar di Saung Sarongge, Saung Sarongge merupakan desa wisata edukasi yang berada di kaki Gunung Gede Kabupaten Cianjur.Kompas.com / gabriella wijaya Salah satu kamar di Saung Sarongge, Saung Sarongge merupakan desa wisata edukasi yang berada di kaki Gunung Gede Kabupaten Cianjur.

Dalam paket-paket tersebut sudah terdapat berbagai macam kegiatan seperti workshop, mengenai perkebunan organik dan lain sebagainya, berjalan-jalan di kebun teh, mendapat suvenir dari produk lokal hasil tangan ibu-ibu Sarongge dan makan serta camilan.

Kamar yang disediakan terdapat 10 kamar, dan jika membawa rombongan Saung Sarongge dapat menampung sekitar 50 orang.

Baca juga: Cerita Tauco Cap Meong Cianjur, Umurnya Lebih dari 1 Abad

Wisata ini cocok jika dilakukan dengan keluarga, anak-anak bisa bermain sambil belajar dalam desa wisata satu ini. Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Wiwiek di 0877 2145 4716.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com