Jalan Ditutup Karena Pelantikan Presiden, Berikut 5 Wisata Alternatif

Kompas.com - 20/10/2019, 14:51 WIB
Petugas kepolisian melakukan penutupan jalan kawasan kompleks Parlemen jelang pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin di Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO APetugas kepolisian melakukan penutupan jalan kawasan kompleks Parlemen jelang pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin di Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

JAKARTA,Kompas.com - Jalan di seputar Istana Negara dan Kantor Sekretaris Negara ditutup dan dialihkan lantaran acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Minggu (20/10/2019).

Jalur transportasi umum seperti bus Transjakarta yang melewati Gedung DPR/MPR juga mengalami pengalihan jalur. Beberapa stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) dikabarkan tutup sementara, seperti Stasiun Bendungan Hilir (Benhil), Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Kebayoran.

Bukan cuman itu, beberapa objek wisata nasional seperti Monumen Nasional ( Monas) ditutup sementara. Penutupan dan pengalihan jalur ini diharap dapat menjaga keamanan dan lancaranya pelantikan yang berlangsung di Gedung DPR/MPR.

Untuk kamu wagra ibukota yang ingin berlibur, kamu bisa mendatangi beberapa tempat wisata alternatif di Ibukota yang tidak terdampak oleh pelantikan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 wisata alternatif tersebut.

Wisatawan di area Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Kamis (17/4).KOMPAS.COM / SILVITA AGMASARI Wisatawan di area Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Kamis (17/4).

1. Taman Impian Jaya Ancol

Ancol merupakan salah satu objek wisata populer yang terletak di Jakarta Utara. Taman seluas 552 hektar ini dipenuhi dengan aneka wisata yang menarik untuk kamu datangi saat akhir pekan.

Kamu dapat pergi ke Dufan (Dunia Fantasi) dan menikmati wahana-wahana menarik yang terbagi menjadi delapan kawasan yang mencerminkan daerah-daerah di dunia.

Selain itu, kamu bisa bermain air di Atlantis Water Adventure atau melihat biota-biota laut di Sea World. Di sini, kamu juga bisa bermain air di pinggir pantai Festival dan berwisata kuliner di beberapa restoran yang ada di Ancol.

Sejumlah pengunjung memadati kawasan Taman Fatahillah, Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat pada libur Natal Selasa (25/12/2018).KOMPAS.com/RIMA WAHYUNINGRUM Sejumlah pengunjung memadati kawasan Taman Fatahillah, Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat pada libur Natal Selasa (25/12/2018).

2. Taman Fatahillah

Taman ini dapat menjadi pilihan untuk kamu yang ingin berwisata sejarah. Pasalnya, disinilah pusat kejadian-kejadian sejarah Kota Jakarta terjadi.

Kamu bisa berwisata sejarah di Museum Fatahillah dan Museum Wayang yang terletak tidak jauh dari Taman Fatahillah.

Baca juga: Menelusuri Jejak Sejarah Kota Tua

Untuk kamu yang tidak ingin berwisata sejarah, kawasan ini juga dapat menjadi opsional kamu, yang ingin menambah gambar indah nan estetik di sosial mediamu.

Panorama gedung-gedung zaman penjajahan kolonial Belanda dapat menjadi background foto mu bisa kamu mengunjungi kawasan ini. Kamu tak dikenakan biaya untuk bisa berwisata ke Taman Fatahillah.

Atlet dan ofisial Asian Games berfoto memakai baju adat Betawi saat berkunjung ke PBB Setu Babakan, Jakarta Selatan, Minggu (26/8/2018).KOMPAS.com/NURSITA SARI Atlet dan ofisial Asian Games berfoto memakai baju adat Betawi saat berkunjung ke PBB Setu Babakan, Jakarta Selatan, Minggu (26/8/2018).

3. Setu Babakan

Taman ini merupakan situs budaya yang diperuntukkan untuk pelestarian warisan budaya Jakarta, yaitu budaya asli Betawi.

Taman ini terletak di Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa, Kotamadya Jakarta Selatan, Indonesia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X