Pertama Kali Naik Pesawat? Ini 10 Tahap Naik Pesawat dari Berangkat sampai Tujuan

Kompas.com - 11/11/2019, 17:30 WIB
Ilustrasi pesawat rebelcircus.comIlustrasi pesawat


JAKARTA, KOMPAS.com – Moda transportasi udara atau pesawat, bagi sebagian orang mungkin menciptakan ketakutan tersendiri hingga orang mengurunkan niatnya pergi jauh dengan pesawat.

Namun, sebenarnya transportasi udara ini sama saja dengan transportasi lainnya, yaitu mengutamakan keamanan atau keselamatan, dan kenyamanan.

Jika kamu baru naik pesawat untuk pertama kalinya, ada berbagai tahapan yang patut dipersiapkan dan diperhatikan.

Berikut 9 tips aman dan nyaman dari Kompas.com bagi kamu yang baru mencoba naik pesawat untuk pertama kalinya, seperti yang pernah kami rasakan:

Baca juga: 6 Kesalahan yang Sering Terjadi saat Memesan Tiket Pesawat

1. Pergi rombongan atau jangan sendirian

Apabila kamu baru naik pesawat untuk pertama kali, sebaiknya tidak pergi sendirian. Ajaklah teman atau kerabat yang sebelumnya pernah terbang menggunakan pesawat.

Kamu bisa menanyakan tahapan-tahapan yang harus dilakukan ketika di bandara, naik pesawat, hingga sampai di bandara tujuan kepadanya.

Namun, jika kamu suka pergi sendirian, sebaiknya kamu tidak malu bertanya pada petugas bandara. Para petugas akan ramah memberitahumu berbagai informasi yang kamu tanyakan.

2. Jangan terlambat

Wajin datang ke bandara paling lambat satu jam sebelum pesawat berangkat jika penerbangan domestik dan dua jam sebelum pesawat berangkat jika penerbangan internasional.

Sebaiknya, cek dulu jadwal boarding (naik ke pesawat), jadwal berangkat pesawat, dan jarak dari rumah ke bandara. Atur waktu agar tiba di bandara sebelum waktu keberangkatan.

Jangan lupa siapkan waktu lebih untuk antrean penumpang yang ada di bandara seperti antre pengecekan tiket, dan pengecekan tas.

3. Siapkan tiket pesawat

Jika kamu sudah tiba di bandara, kamu akan melakukan tahapan pertama yaitu pengecekan tiket. Zaman sekarang tiket pesawat biasanya berbentuk digital. Jadi jangan lupakan handphonemu memiliki daya baterai cukup.

Pada tahapan ini, siapkan juga data diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM) yang kamu punya dan jika ke luar negeri berarti menggunakan paspor.

Setelah selesai, petugas akan memberi tiket dalam bentuk fisik (kertas) dan kamu bisa menuju gerbang keberangkatan, sesuai yang tertera di tiket.  

Nantinya tiket dan KTP  akan diperiksa kembali oleh petugas bandara sebelum masuk ke ruang tunggu.

4. Pengecekan tas

Sebelum masuk ke boarding room atau ruang tunggu, barang bawaanmu akan diperiksa oleh petugas. Letakkan tas atau barang bawaanmu seperti telepon genggam, ikat pinggang, jam tangan, dan benda-benda logam lainnya ke dalam kotak yang telah disediakan bandara.

Tidak perlu tergesa-gesa, tetap tenang ketika meletakkan barang agar tidak jatuh. Jangan lupa untuk mengambilnya kembali ketika selesai pengecekan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X