Tarif Bagasi Rute Domestik dari 7 Maskapai Indonesia

Kompas.com - 29/12/2019, 08:03 WIB
ILUSTRASI - Koper di bandara ShutterstockILUSTRASI - Koper di bandara

KOMPAS.com - Liburan telah tiba, persiapkan barang bawaanmu dan pastikan tidak ada tertinggal. Jika kamu traveling dengan naik pesawat dan membawa barang berlebih, maka sebaiknya membeli kuota bagasi tercatat.

Apalagi jika kamu berencana membeli oleh-oleh yang banyak di tempat liburan. Berikut estimasi harga untuk bagasi ekstra beberapa maskapai penerbangan Indonesia:

Baca juga: Jangan Repot Bawa Bagasi, Bisa Bikin Stres Saat di Bandara

1. Lion Air

Lion Air dan Wings Air memberlakukan penerapan bagasi 0 kg serta mengenakan biaya terhadap kapasitas (berat) bagasi tercatat untuk penerbangan domestik dan internasional. Terhitung sejak akhir bulan Agustus 2019 lalu.

Baca juga: Catat, Ini Daftar Maskapai di Terminal 3 Bandara Soetta

Contohnya jika kamu berpergian ke Yogyakarta dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, untuk per kilogram bagasi dikenakan Rp 27.000.

Jika dari Bali ke Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, biaya per kilogram dipatok seharga Rp 43.000. Dari Bandara Internasional Soekarno Hatta ke Balikpapan per kilogram dihargai Rp 49.000.

Selain membeli bagasi langsung saat cheeck-in, calon penumpang bisa membeli bagasi prabayar. Bagasi Prabayar adalah layanan khusus yang ditawarkan oleh Lion Air Group.

Semua penumpang dapat mendapatkan harga yang lebih terjangkau dengan memesan bagasi prabayar melalui situs web resmi, setidaknya enam jam sebelum keberangkatan.

Lion Air memberi batasan kuota bagi penumpangnya yang ingin melakukan pembelian bagasi yaitu maksimal 30 kg.

2. Wings Air

Wings Air memberlakukan penerapan bagasi 0 kg serta mengenakan biaya terhadap kapasitas (berat) bagasi bagi penerbangan domestik.

Baca juga: Cara Check-In Mandiri di Bandara Soekarno-Hatta

Tarif bagasi tambahan Wings Air prepaid baggage (bagasi bayar di muka) disesuaikan dengan waktu atau kapan penerbangan itu dilaksanakan, rute penerbangan, dan berat setiap barang.

Jadi masing-masing rute penerbangan memiliki harga bagasi yang tidak sama. Contohnya untuk rute Denpasar Labuan Bajo dikenakan biaya Rp 31.000 per kg. Untuk penerbangan Bandung-Bengkulu, penumpang harus mengeluarkan kocek Rp 49.000 per kg.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X