Pertama Kali Naik Helikopter, Perhatikan 6 Hal Berikut

Kompas.com - 05/01/2020, 09:43 WIB
Helikopter Helicity Bell 505 di BSD City Heliport, Tangerang Selatan, Selasa (31/12/2019). Nicholas Ryan AdityaHelikopter Helicity Bell 505 di BSD City Heliport, Tangerang Selatan, Selasa (31/12/2019).


JAKARTA, KOMPAS.com - Saya mewakili Kompas.com menjajal naik helikopter Helicity milik salah satu operator transportasi udara PT Whitesky Aviation, Selasa (31/12/2019).

Saya baru pertama kali merasakan naik helikopter. Oleh karena itu, setiap instruksi yang diberikan petugas helikopter menjadi fokus perhatian saya.

Sebab sama seperti moda transportasi lain, ada peraturan yang harus ditaati oleh setiap pengunjung. Apalagi helikopter termasuk transportasi udara, dan masih asing bagi kebanyakan orang termasuk saya. 

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan ketika naik dan turun helikopter:

Baca juga: Jalan-jalan ke Anyer dari Jakarta Naik Helikopter, Harga Spesial Rp 13 Juta

1. Jika pakai aksesoris di kepala seperti topi

Penumpang atau pengguna jasa helikopter harap memperhatikan topi yang dipakai. Kencangnya baling-baling mampu membuat topi mudah terbang ketika kamu masuk ke dalam baling-baling helikopter.

"Maka dari itu, lebih baik topi tidak dipakai dulu saat masuk helikopter. Baru ketika sudah di dalam, pakai saja gak papa," kata Director of Marketing and Business Development PT Whitesky Aviation, Ari Nurwanda.

Kepadatan obyek wisata Ocean Park terlihat dari ketinggian, Selasa (31/12/2019). Kompas.com berkesempatan naik helikopter Helicity mengitari Tangerang Selatan.Nicholas Ryan Aditya Kepadatan obyek wisata Ocean Park terlihat dari ketinggian, Selasa (31/12/2019). Kompas.com berkesempatan naik helikopter Helicity mengitari Tangerang Selatan.

2. Tidak boleh merokok

Sama seperti naik pesawat, setiap penumpang dilarang merokok di helikopter. Rokok atau bahan-bahan mudah terbakar amat membahayakan perjalanan udara.

Maka jika kamu perokok, sebaiknya tahan dulu ketika hendak naik helikopter. Perjalanan udara seperti helikopter biasanya tidak akan memakan waktu lama, hanya sekitar dua jam paling lama.

Baca juga: Cara Baru Menikmati Pemandangan Halong Bay, Pakai Helikopter!

3. Selalu pakai sabuk pengaman

Setiap penumpang wajib menggunakan sabuk pengaman ketika naik helikopter. Hal ini jelas karena demi keselamatan.

Setiap bangku helikopter telah tersedia satu sabuk pengaman. Cara menggunakannya pun sama seperti ketika kamu naik pesawat.

Untuk Helicity yang berkapasitas empat penumpang juga tersedia empat sabuk pengaman yang wajib digunakan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X