Daftar 5 Maskapai yang Buka Rute Penerbangan Baru di Bali 2019

Kompas.com - 11/01/2020, 15:02 WIB
Suasana di terminal keberangkatan internasional Bandara Ngurah Rai Sabtu (25/2/2017) KOMPAS.com/IRA RACHMAWATISuasana di terminal keberangkatan internasional Bandara Ngurah Rai Sabtu (25/2/2017)

JAKARTA, KOMPAS.com - General Manager PT Angkasa Pura I (Persero)Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Herry A. Y. Sikado, menyebutkan bahwa selama 2019 ada lima maskapai yang membuka rute dari dan ke Bali.

Hal ini pula yang menjadi indikator kedatangan penumpang di Bandara Ngurah Rai sepanjang 2019 yang mencapai 24 juta orang.

Dikutip dari Tribun Bali Travel, lima maskapai yang membuka rute penerbangan dari dan ke Bali adalah Vietjet Air yang menghubungkan Ho Chi Minh City dengan Bali pada Mei 2019, dan Vietnam Airline yang melayani rute penerbangan sama mulai Oktober 2019.

Selanjutnya ada Turkish Airlines dengan rute Istanbul-Bali pada Juli 2019, Malindo Air menghubungkan Sydney dengan Bali pada Agustus 2019, dan Citilink menghubungkan Bali dan Australia Barat pada Oktober 2019.

Baca juga: 3 Hotel Bali dan 1 di Labuan Bajo Sabet Penghargaan World Travel Awards

“Hal ini tentunya menjadi indikator bahwa daya tarik Bali bagi para wisatawan serta bagi maskapai penerbangan semakin kuat,” kata Herry.

Selama lima tahun terakhir, tercatat jumlah penumpang yang dilayani Bandara Ngurah Rai terus mengalami pertumbuhan.

Tingkat pertumbuhan tertinggi dialami pada 2016, dengan pertumbuhan penumpang sebesar 2,87 juta orang atau tumbuh sebesar 16,8 persen dari 2015.

Jika dirata-rata, tingkat pertumbuhan penumpang rata-rata tahunan Bandara Ngurah Rai selama lima tahun terakhir mencapai sembilan persen.

Terminal domestik Bandara Ngurah Rai BaliKOMPAS.com/SRI LESTARI Terminal domestik Bandara Ngurah Rai Bali

“Selama lima tahun terakhir kami mencatatkan tingkat pertumbuhan yang stabil. Nah, daya tampung maksimal bandar udara ini mencapai 24 juta penumpang, di mana sudah tercapai di tahun 2019 lalu,” kata Herry.

Dengan proyeksi wisatawan baik domestik dan mancanegara, yang akan terus datang ke Bali, telah dilakukan berbagai kajian terkait rencana pengembangan Bandara Ngurah Rai ke depan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X