Doyan Makan Manis tapi Tetap Ingin Sehat? Dessert Vegan Bisa Jadi Pilihan

Kompas.com - 14/02/2020, 15:03 WIB
Sweet potato brownies yang dibuat dari campuran ubi jadi dessert vegan di Belles Munchies Dok. Belles MunchiesSweet potato brownies yang dibuat dari campuran ubi jadi dessert vegan di Belles Munchies


JAKARTA, KOMPAS.com - Dessert atau makanan manis telah lama jadi “arena bermain” bagi para pembuatnya. Banyak kreasi dessert yang bisa dicoba.

Makanan yang identik dengan rasa manis ini bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan untuk menciptakan rasa dan penampilan yang unik.

Gaya hidup sehat beberapa waktu ini sedang jadi tren. Tren gaya hidup sehat ini kemudian merambah ke dessert. Kini banyak dessert yang menggunakan bahan-bahan vegan atau plant based saja.

Cukup banyak perusahaan dan industri rumahan yang akhirnya merambah ke ranah ini. Salah satunya adalah Belle’s Munchies. Produsen makanan manis ini mempromosikan makanannya lewat Instagram.

Owner Belle’s Munchies Selviana Sutanto mengaku bahwa ia mulai membuat dessert vegan karena berangkat dari kesukaannya terhadap makanan khususnya dessert. Namun ia merasa bahwa dessert selama ini identik sebagai makanan manis yang tidak sehat.

“Ingin sekali punya makanan terutama dessert yang bisa dinikmati tapi ada nutrisi yang bisa kita ambil. Makanya pilih dessert vegan atau saya lebih enak menyebutnya plant based ya,” jelas Selviana pada Kompas.com.

Dessert vegan atau plant based ini adalah dessert yang menggunakan bahan dasar nabati. Dalam komposisi dessert yang ia buat, Selviana sama sekali tidak menggunakan produk hewani. Seperti susu, mentega, keju, telur, dan sebagainya.

Penggantian bahan hewani juga bisa jadi alternatif baru bagi pecinta dessert yang punya alergi khusus atau intoleransi terhadap bahan-bahan hewani tertentu.

“Banyak yang cari karena mereka intoleran. Misalnya alergi telur dan susu sapi. Sekarang banyak juga yang gluten intoleran. Makan cake terus kembung. Ini bisa jadi alternatif mereka tetap bisa menikmati cake,” tutur Selviana.

Selviana memulai usaha ini sejak 2016 lalu. Pada saat itu ia belum membuat dessert yang rumit. Ia hanya mengolah granola karena produk tersebut sedang tren. Setelah penjualan granola yang memuaskan, ia pun mulai merambah ke produksi selai.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X