Timbungan, Teknik Masak Khas Bali yang Jadi Tantangan di MasterChef Indonesia

Kompas.com - 08/03/2020, 21:10 WIB
Bebek Timbungan. Salah satu restoran yang menyedikan hidangan ini adalah Restoran Bebek Timbungan ? Balinese Heritage Cuisine yang berada di Secret Garden Village, Bedugul, Bali. Kompas.com / Gabriella WijayaBebek Timbungan. Salah satu restoran yang menyedikan hidangan ini adalah Restoran Bebek Timbungan ? Balinese Heritage Cuisine yang berada di Secret Garden Village, Bedugul, Bali.


JAKARTA, KOMPAS.com - Grand Final MasterChef Indonesia season 6 tayang hari ini, Minggu (8/3/2020). Kedua kontestan yang beradu masak adalah Eric dan Firhan.

Pada tantangan kedua di ronde pertama, keduanya ditantang Chef Komang Adi Arsana untuk membuat hidangan makanan timbungan ulam segara.

" Timbungan ini lagi ngetren di Bali," kata Chef Komang.

Dia melanjutkan, timbungan merupakan cara memasak khas Bali, yang artinya dimasak dalam bambu. Sementara segare adalah seafood.

Timbungan juga bisa diartikan sebagai cara mengolah masakan dengan berbahan dasar daging, hewan jenis unggas, dan ikan yang dimasukkan dalam bambu dicampurkan dengan rempah-rempah pilihan.

Baca juga: Ayam Pelalah ala MasterChef Indonesia, Cicip di 4 Warung Nasi Ayam Favorit Bali Ini

 

Setelah diumumkan tantangan tersebut, Chef Juna menginformasikan masakan tersebut harus segera dihidangkan dalam waktu 60 menit. Ia juga memberikan sedikit tips membuat masakan timbungan ini.

"Tipsnya saat masak harus penuh bambunya, jika tidak, bambu akan pecah saat dikeluarkan," ujarnya.

Pada gelaran ini, timbungan dimasak dengan cara dikukus, namun aslinya cara memasaknya adalah dengan dibakar.

Baca juga: Selain Es Teler, Wajib Coba Ayam Bakar Solo ala Es Teler Mulia Asli

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X