Selain Es Teler, Wajib Coba Ayam Bakar Solo ala Es Teler Mulia Asli

Kompas.com - 07/03/2020, 11:11 WIB
Ayam Bakar khas Solo jadi salah satu favorit di Es Teler Sari Mulia Asli SYIFA NURI KHAIRUNNISAAyam Bakar khas Solo jadi salah satu favorit di Es Teler Sari Mulia Asli


JAKARTA, KOMPAS.com - Kedai Es Teler Sari Mulia Asli disebut sebagai kedai es pertama yang menciptakan dan menjual es teler di Indonesia.

Namun selain es teler, kedai ini juga terkenal dengan sajian ayam bakar khas Solo.

“Itu (ayam bakar) jadi favorit. Ayam bakar kita jualnya belum lama. Setelah kita pindah ke Jalan Pegangsaan Barat baru kita jual ayam bakar," kata Siswadi, keponakan Samijem Darmowiyono yang sekarang mengelola Es Teler Sari Mulia Asli ditemui di kedainya Rabu (4/3/2020).

Sebelum pindah ke Jalan Pengangsaan Barat pada 1980an, dulunya kesai Samijem hanya menjuak es teler, dan bakso, siomay.

Baca juga: Asal-usul Es Teler, Benarkah Berawal dari Kedai Es Teler Sari Mulia Asli?

 

"Itu saja kita sudah keteteran,” kenang Siswadi.

Satu paket ayam bakar khas Solo terdiri dari sepotong ayam bakar, nasi, dan lalapan. Selain itu kamu juga bisa meminta tambahan berupa tahu dan tempe bacem.

Ayam bakar yang disajikan berukuran cukup besar.

Es teler di Es Teler Sari Mulia AsliSYIFA NURI KHAIRUNNISA Es teler di Es Teler Sari Mulia Asli

 

Kompas.com kala mencicipinya mendapatkan potongan dada. Potongan dada biasanya terkesan sebagai potongan yang besar tetapi dagingnya kering.

Namun tidak dengan ayam bakar ini. Dagingnya lembut dan cukup berair. Ayam bakar ini  diungkep dengan bumbu bacem yang lama sehingga rasa bumbu manis menyerap sempurna.

Baca juga: Es Teler Sari Mulia Asli, Usaha yang Dirintis karena Wangsit dalam Mimpi

Selain ayam, tahu dan tempe bacemnya juga wajib dicoba. Rasa bumbu bacemnya terasa kuat. Manis dengan sedikit sensasi gurih.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X