Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/03/2020, 16:18 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengungkapkan kerja sama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan jaringan hotel dan perusahaan transportasi terkait penanganan wabah COVID-19 di Indonesia.

Baca juga: Kemenparekraf Kerja Sama dengan Jaringan Hotel dan Transportasi untuk Fasilitasi Tenaga Medis Covid-19

“Pada hari ini Kemenparekraf akan merealisasikan kerja sama dengan jaringan hotel untuk menyediakan tempat istirahat bagi para tenaga medis dan gugus tugas sebagai upaya bersama penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia,” ujar Wishnutama dalam konferensi pers yang diadakan secara virtual di channel YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu (28/3/2020).

Ia menuturkan bahwa kerja sama ini hanya akan jadi langkah awal bagi Kemenparekraf untuk bisa merealisasikan rencana-rencana lain untuk menangani Covid-19 dan juga menjaga industri pariwisata nasional.

Pada tahap awal ini, Kemenparekraf akan menyediakan fasilitas untuk tenaga medis dari beberapa rumah sakit di Jakarta, yakni Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), RSPAD, RS Suliyanti Saroso, dan RS Persahabatan.

ILUSTRASI - Kamar jenis cocon rooms di Ibis Budget Cirebon dengan twin bed.Ibis Budget Cirebon ILUSTRASI - Kamar jenis cocon rooms di Ibis Budget Cirebon dengan twin bed.

Kemenparekraf bekerja sama dengan jaringan hotel Accor Hotels akan menyediakan akomodasi untuk 1.100 tenaga medis dengan skema berbagai macam tipe kamar.

“Dalam hal ini Kemenparekraf membiayai cost pelaksanaan dengan harga yang di bawah harga pasar. Dalam kerja sama ini, hotel yang dipilih harus dapat mengikuti standard operational procedure (SOP) yang berkaitan dengan pelayanan tamu,” jelas Wishnutama.

SOP ini harus sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Termasuk penyemprotan disinfektan secara rutin terutama di pintu masuk hotel, kegiatan sanitasi yang baik, pengaturan physical distancing termasuk penggunaan lift.

“Seluruh tenaga medis yang menginap dan para karyawan hotel akan melalui beberapa tahap antisipasi seperti cek suhu badan, semprot disinfektan, dan pemakaian alat pelindung diri (APD),” tuturnya.

Terbuka pula untuk hotel lainnya

Wishnutama menuturkan bahwa kerja sama ini terbuka untuk hotel dan jaringan hotel lain yang bisa memenuhi prosedur dan persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya hotel berada di sekitar rumah sakit rujukan tersebut di atas.

Jaringan hotel AccorHotels adalah grup perhotelan dengan portfolio 4.000 hotel, resort dan residen. Grup ini juga mengelola 2.500 rumah privat di seluruh dunia.

AccorHotels memiliki banyak brand di dalam grup mereka. termasuk Raffles, Fairmont, Sofitel Legend, SO Sofitel, Sogitel, onefinestay, Mgallery by Sofitel, Mercure, Mama Shelter, dan Adagio.

Di Indonesia, AccorHotels hadir sejak tahun 1993. Beberapa merek terkenal dari AccorHotels adalah Ibis Styles, Ibis Budget, Novotel, Mercure, dan sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com