Kompas.com - 12/04/2020, 12:31 WIB
Ilustrasi mi instan. shutterstock.com/tehcheesiongIlustrasi mi instan.

KOMPAS.com – Sejalan dengan namanya, mi instan merupakan bahan makanan yang dapat diolah dengan cepat tanpa memakan waktu lama.

Terkadang, mi instan mungkin menjadi pilihan utama saat kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk memasak.

Mengutip Healthline, mi instan dibuat dengan tepung terigu yang telah diperkaya oleh beberapa nutrisi sintetis seperti zat besi dan vitamin B.

Kendati sebagian besar mi instan rendah kalori, namun menurut Healthline, mereka tidak memiliki nutrisi utama yang mencukupi.

Baca juga: Berapa Jumlah Konsumsi Mi Instan yang Direkomendasikan dalam Seminggu?

Ada pun nutrisi utama yang dimaksud adalah protein, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, kalsium, magnesium, dan kalium.

Berbeda dari makanan utuh yang segar, makanan kemasan seperti mi instan tidak memiliki antioksidan dan fitokimia yang cukup yang akan berdampak bagi kesehatan.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Mengutip laman resmi Michigan State University (MSU) Extension, terdapat beberapa cara untuk mengolah mi instan guna menjadikannya sebagai makanan yang sehat.

Ilustrasi mi instan.shutterstock.com/Dudits Ilustrasi mi instan.

Berikut cara yang bisa kamu lakukan agar kamu tetap bisa makan mi instan dan tetap sehat yang telah Kompas.com rangkum, Minggu (12/4/2020):

1. Buang bumbu tambahan

Mi instan datang dengan bumbu tambahan terpisah. Jika ingin lebih sehat, kamu tidak perlu menggunakan bumbu tersebut.

Sebagian besar bumbu tersebut memiliki tingkat natrium yang melebihi apa yang direkomendasikan dalam Dietary Guidelines for American 2015-2020.

Baca juga: Asal Usul Mi Instan, Makanan yang Tercipta karena Rasa Iba

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X