Kompas.com - 14/04/2020, 22:03 WIB
Pemandu wisata untuk Tur Wisata Bhineka, Wisata Rumah Ibadah sedang menjelaskan mengenai sejarah Gereja Katedral SYIFA NURI KHAIRUNNISAPemandu wisata untuk Tur Wisata Bhineka, Wisata Rumah Ibadah sedang menjelaskan mengenai sejarah Gereja Katedral


JAKARTA, KOMPAS.com - Virus corona berimbas ke berbagai sektor termasuk pariwisata. Salah satu yang terkena dampak besarnya yaitu pramuwisata atau pemandu wisata (tour guide). 

Pendiri Jakarta Good Guide (JGG), Candha Adwitiyo mengatakan pramuwisata memiliki imbas yang paling besar dari anjloknya pariwisata karena corona.

"Wah kita ini imbas yang paling besar. Pariwisata enggak bergerak, otomatis enggak ada pemasukan," kata Candha saat dihubungi Kompas.com, Senin (13/4/2020).

Baca juga: Hotel Tutup di Solo Bertambah, 1.000-an Karyawan Terpaksa Dirumahkan

Lanjut dia, akibatnya pemandu wisata harus memikirkan cara kreatif agar dapat bertahan hidup di tengah situasi ekonomi sulit.

Namun, ia mengaku tak tahu akan seperti apa cara bertahan hidup pramuwisata ke depannya jika wabah ini berlangsung lama.

"Mungkin ini baru sebulan sejak Work From Home bulan lalu, tapi kalau sudah tiga bulan atau enam bulan pasti tambah berat," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: PHRI dan ASITA Butuh Bantuan Pemerintah akibat Corona, Apa Saja?

Ilustrasi wisatawan Shutterstock Ilustrasi wisatawan

Saat ini, satu-satunya cara yang dilakukan Candha agar tur wisatanya dapat bertahan yaitu dengan mengadakan tur virtual.

Ia memilih tur virtual sebagai jalan keluar untuk tetap bertahan dan menghidupi pemandu wisata yang tergabung dalam Jakarta Good Guide.

"Untungnya kami buat tur virtual ini, jadi selama bisa ya akan kami jalani saja," lanjutnya.

Baca juga: Wisata Keliling Jakarta Tanpa Keluar Rumah, Yuk Ikutan Tur Virtual JGG

Kendati demikian, Candha mengatakan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Dinas Pariwisata DKI Jakarta sudah menerima usulan atau harapan pemandu wisata terkait dampak wabah ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.