Virtual Tour, Peluang Baru Pariwisata di Era New Normal

Kompas.com - 09/05/2020, 21:08 WIB
Virtual tour Dok. Biro Komunikasi Publik KemenparekrafVirtual tour


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf) menggelar acara wisata virtual bertajuk Ngabuburit Wisata Kopi pada Jumat (8/5/2020).

Kemenparekraf bekerja sama dengan komunitas Jakarta Good Guide (JGG) untuk menghadirkan pengalaman wisata virtual baru bagi wisatawan.

Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf Agustini Rahayu mengatakan, wisata virtual menyajikan pengalaman dan wawasan baru mengenai kopi dan tempat-tempat kopi legendaris di Jakarta.

Selain itu, wisata virtual dapat menunjukkan bagaimana pandemi membawa masyarakat menuju kondisi New Normal.

"Dengan kita tidak bisa ke mana-mana, bukan berarti kita tidak bisa menjadikan pariwisata sebagai gaya hidup kita. Keterbatasan ini tidak bisa membuat kita diam. Kegiatan virtual seperti ini membuka peluang baru di era new normal," kata Agustini seperti dikutip dari siaran pers diterima Kompas.com, Sabtu (9/5/2020),.

Lanjutnya, masyarakat ditunjukkan bagaimana teknologi dan media digital membawa masyarakat pada rutinitas dan cara hidup yang baru dengan adanya wisata virtual.

Baca juga: Cara Wisata Virtual Urban Legend dan Geopark, dari TPU Jeruk Purut sampai Gunung Rinjani

Kendati demikian, hal tersebut tetap tidak bisa menggantikan pengalaman ketika berwisata langsung ke tempatnya.

Wisata virtual kopi Ngabuburit wisata kopi yang diselenggarakan Kemenparekraf, Jumat (8/5/2020)Dokumentasi Biro Komunikasi Kemenparekraf Wisata virtual kopi Ngabuburit wisata kopi yang diselenggarakan Kemenparekraf, Jumat (8/5/2020)

"Mau tidak mau suka tidak suka, kita akan memanfaatkan teknologi. Meskipun tidak bisa menggantikan experience ketika kita berkunjung langsung ke destinasi wisata,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa wisata virtual bersama komunitas ini merupakan kali pertama yang diselenggarakan Kemenparekraf.

Usai acara, ia berharap agar ke depannya akan ada wisata virtual dengan tema dan komunitas yang lainnya.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X