Jangan Sampai Berkutu dan Berjamur, Begini 4 Cara Tepat Menyimpan Kurma

Kompas.com - 13/05/2020, 13:13 WIB
Ilustrasi dua mangkuk buah kurma. Bila disimpan dengan cara yang tepat, kurma bisa awet dari 3 bulan sampai 1 tahun. SHUTTERSTOCK/MAMA_MIAIlustrasi dua mangkuk buah kurma. Bila disimpan dengan cara yang tepat, kurma bisa awet dari 3 bulan sampai 1 tahun.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kurma saat Ramadhan biasanya jadi primadona. Seringkali orang membeli buah kurma dalam jumlah besar untuk kemudian dikonsumsi selama Ramadhan.

Tak hanya di bulan Ramadhan saja, kurma juga sering dijadikan oleh-oleh saat musim naik haji.

Baca juga: 5 Tingkat Kematangan Kurma, Mengenal Perbedaan Kurma Hababouk, Kimri, Khalal, Ruthob, dan Tamr

Kurma pada dasarnya termasuk buah yang sangat kuat untuk disimpan dalam jangka panjang. Ada yang kuat disimpan selama 3-6 bulan, bahkan satu tahun.

Namun jangka waktu penyimpanan kurma kemungkinan akan terpengaruh dan bisa berkurang jika kamu tidak menyimpannya dengan cara yang baik. Lantas, bagaimana cara menyimpan kurma yang baik agar awet maksimal?

Chef Fahad Fuad, Banquet Sous Chef di Jakarta Internasional Expo dan Convention Kemayoran juga Chef Noldy Herling, Executive Chef of Mercure Jakarta Simatupang menjelaskan soal tata cara menyimpan kurma yang baik dan benar.

1. Ketahui jenis kurma

Menurut Chef Fahad, ada tiga jenis kurma yakni kurma basah, kering, dan setengah matang. Kurma jenis kering misalnya kurma ajwa dan medjool. Sementara untuk kurma basah, misalnya sukari dan turnish.

“Kurma kategori kering dapat disimpan sampai satu tahun lebih. Tergantung expired di kemasan dan penyimpanan,” ujar Chef Fahad pada Kompas.com, Selasa (12/5/2020).

Sementara untuk kurma jenis basah, biasanya tidak seawet kurma jenis kering apalagi jika disimpan di suhu ruang.

“Jenis yang terakhir ialah kurma mentah/mengkal/setengah matang. Ini sudah bisa dipastikan maksimal sampai dengan satu minggu saja di dalam lemari pendingin,” papar Chef Fahad.

Ilustrasi kurma segar dijual di pasar. Cara menyimpan kurma harus tepat supaya buah ini bisa awet dari 3 bulan sampai 1 tahun.SHUTTERSTOCK/ALEKS333 Ilustrasi kurma segar dijual di pasar. Cara menyimpan kurma harus tepat supaya buah ini bisa awet dari 3 bulan sampai 1 tahun.

2. Gunakan wadah tertutup

Untuk menyimpan kurma baik di suhu ruang ataupun di lemari es, juga baik kurma jenis kering atau basah, sebaiknya kamu menggunakan wadah bersih yang tertutup rapat untuk menjaga kualitas kurma.

Halaman:
Baca tentang


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X