Hotel dan Restoran di Yogyakarta Bisa Buka, asal Terapkan Protokol Kesehatan

Kompas.com - 01/06/2020, 08:09 WIB
Taman Sari, wisata populer di Yogyakarta. SHUTTERSTOCK/FADLI SUANDITaman Sari, wisata populer di Yogyakarta.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa hotel dan restoran di Yogyakarta berencana untuk kembali beroperasi. Hotel dan restoran ini akan kembali beroperasi pada Juni 2020.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo saat dihubungi Kompas.com, Rabu (20/5/2020), menyampaikan bahwa hotel dan restoran yang rencananya bulan Juni beroperasi kembali harus menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: 3 Syarat Wajib agar Tempat Wisata Yogyakarta Bisa Dibuka Kembali

Standar protokol kesehatan ini penting untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebelum kembali beroperasi, tuturnya, hotel dan restoran juga terlebih dulu perlu melengkapi sarana dan prasarana untuk penerapan protokol tersebut.

"Sepanjang melaksanakan protokol kesehatan sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas, saya kira tidak ada masalah," tegasnya.

Menurut dia, selama pademi ini ada beberapa hotel dan restoran di Yogyakarta yang masih buka. Mereka beroperasi dengan menerapkan standar protokol Covid-19.

MalioboroShutterstock Malioboro

Paket Stay Safe

Bahkan agar tetap bisa beraktivitas, lanjutnya, hotel membuat paket khusus selama pademi Covid-19 ini.

"Mereka bahkan punya paket namanya Stay Safe. Hotel menyediakan paket isolasi mandiri, tentunya dengan standar kesehatan, kalau mengharapkan wisatawan datang kan enggak ada," urainya.

Menurut dia, pengawasan terhadap hotel dan restoran tetap dilakukan. Pengawasan ini guna memastikan protokol Covid-19 benar-benar dijalankan.

Baca juga: Yogyakarta Siap Buka Pariwisata, Wisatawan Diminta Patuhi Protokol New Normal

Ia menambahkan, jangan sampai dengan kembali beroperasi, hotel dan restoran menjadi tempat penyebaran Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X