Uji Coba Buka, Panduan Wisata di Pantai Baron Yogyakarta

Kompas.com - 26/06/2020, 07:00 WIB
Susana Pantai Baron Saat Uji Coba New Normal Rabu (24/6/2020) KOMPAS.COM/MARKUS YUWONOSusana Pantai Baron Saat Uji Coba New Normal Rabu (24/6/2020)

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan wisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), melakukan uji coba kunjungan wisata new normal.

Dua lokasi Pantai Baron dan Kukup Rabu (24/6/2020), dibuka untuk umum meski dengan pembatasan tertentu, jika berkunjung dua pantai yang dibuka pengunjung bisa menikmati dua pantai yang berbeda. 

Baca juga: Uji Coba Wisata Gunungkidul, Pantai Baron dan Kukup Ramai Dikunjungi Wisatawan

Pantai Baron berlokasi di Kapanewon (sebutan Kecamatan di DIY) Tanjungsari. Pantai ini memiliki keunikan karena pasirnya yang berwarna hitam. Ini berbeda dengan kawasan pantai lain yang ada di Gunungkidul.

Jika lama tidak ke Pantai Baron dipastikan akan kaget dengan kondisi aliran sungai yang bermuara di Pantai Baron. Alirannya berubah arah dari sebelumnya ke arah selatan, saat ini ke timur baru ke selatan.

Pantai Baron, Gunungkidul, YogyakartaShutterstock/Naufal Ilham S Pantai Baron, Gunungkidul, Yogyakarta

Jadi jika ingin bermain ombak, pengunjung harus menyebrang sungai untuk mendapatkan kawasan pasir hitam seperti pulau. Namun jangan takut, karena saat ini air sungai dangkal. 

Petugas SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul terus mengingatkan agar wisatawan tidak terlalu ke tengah saat bermain air.

Beli ikan segar

Banyak kapal nelayan bersandar. Jika beruntung, saat kapal bersandar bisa membeli ikan segar di sekitar Tempat Pelelangan Ikan.

Baca juga: Aturan Baru ke Pantai Gunungkidul, Identitas Wisatawan Diperiksa

Pengunjung bisa menikmati olahan ikan dan hasil laut lainnya di warung makan. Untuk menikmati kesejukan kawasan pantai Baron bisa dilakukan di bawah rerimbunan pohon.

Mercusuar

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X