Gunung Ciremai Mulai Dibuka, Hanya untuk Trekking Satu Hari

Kompas.com - 26/06/2020, 12:30 WIB
Pendaki berfoto di area puncak Gunung Ciremai, Jawa Barat. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl). KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOPendaki berfoto di area puncak Gunung Ciremai, Jawa Barat. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).


JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kuswandono mengatakan, kegiatan wisata alam trekking dan tempat makanan minuman di TNGC akan dibuka mulai Jumat (26/6/2020) dan Sabtu (27/6/2020).

Pada Jumat, pembukaan akan dilakukan untuk TNGC yang berada di Kabupaten Kuningan, sedangkan Sabtu dibuka untuk Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Hal tersebut diungkapkan Kuswandono dalam webinar Federasi Mountaineering Indonesia (FMI) bertajuk "Mendaki Gunung Aman dan Sehat di Masa Pandemi", Kamis (25/6/2020).

"Rencananya akan kami buka Jumat 26 Juni untuk Kabupaten Kuningan, dan baru Sabtu 27 Juni untuk Kabupaten Majalengka karena Bupati Majalengka mengizinkan pembukaan di tanggal tersebut," kata Kuswandono.

Baca juga: Ini Daftar 29 Kawasan Pariwisata Alam yang Siap Dibuka

Adapun keputusan untuk membuka kembali TNGC diperoleh dari berbagai rekomendasi baik daerah maupun pusat yaitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Ia menjelaskan, TNGC telah mendapat rekomendasi pembukaan yang mengacu Surat Edaran (SE) Bupati Kuningan tanggal 18 Juni, Bupati Majalengka tanggal 23 Juni, Keputusan KLHK tanggal 23 Juni, SE Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) tanggal 23 dan 25 Juni.

"Alhamdulillah, Gunung Ciremai termasuk yang diizinkan untuk dibuka kalau semua syarat sudah dipenuhi," ujarnya.

Lantas, apa saja syarat pembukaan Gunung Ciremai?

Menurut Kuswandono, syarat utama adalah tentu menerapkan protokol kesehatan baik petugas maupun pengunjung wisata.

Namun, ada hal yang lebih penting lagi yaitu tidak adanya pendakian pada tahap pertama pembukaan.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X