Kawasan Wisata Pantai Gunungkidul Bakal Buka Bertahap

Kompas.com - 07/07/2020, 20:08 WIB
Mercusuar di Pantai Baron, Gunungkidul, Yogyakarta Shutterstock/Sad AgusMercusuar di Pantai Baron, Gunungkidul, Yogyakarta

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, menargetkan pekan ini seluruh obyek wisata pantai sudah dilakukan uji coba.

Dalam uji coba ini, pengunjung boleh masuk dengan protokol kesehatan yang ketat.

Namun demikian, jika lokasi masuk zona merah atau terjadi penularan corona akan dikaji ulang.

Baca juga: Buka Kembali, Aneka Aktivitas Wisata di Pantai Kukup Yogyakarta

"Minggu ini seluruh kawasan pantai kami targetkan sudah melakukan uji coba secara bertahap," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono saat dihubungi   Kompas.com  melalui sambungan telepon, Senin (6/7/2020).

"Target uji coba itu dari internal kami, namun faktor eksternal misalnya terjadi zona merah ada peningkatan signifikan bisa saja merubah rencana itu," ucap Harry.

Ia menjelaskan bahwa hingga kini hanya dilakukan uji coba untuk kawasan Pantai Baron dan Kukup.

Ia mengakui pada Minggu (5/7/2020) lalu, pengunjung kawasan pantai membludak hingga melebihi batas yang ditetapkan yakni 7000 pengunjung.

Namun demikian, dalam prakteknya pengunjung tidak hanya berkunjung ke kawasan Baron dan Kukup, mereka menyebar ke pantai lain yang belum melakukan uji coba seperti Pantai Ngrawe hingga Drini.

Kepadatan dua pantai itu pun bisa dipecah. Meski berkunjung ke kawasan pantai yang belum melakukan uji coba, Harry menyebut pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada pengelola dan Pokdarwis (kelompok sadar wisata) terkait protokol kesehatan.

"Kita sudah melakukan konsolidasi dan sosialisasi kepada masyarakat, jadi meski mereka berkunjung ke pantai Drini, pengelola disana sudah siap meski belum resmi uji coba," kata dia. 

Halaman:
Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X