Kompas.com - 06/08/2020, 20:15 WIB


KOMPAS.com - Bentuk penginapan atau akomodasi biasanya terdiri dari beragam jenis seperti hotel, hostel, hingga resort.

Belakangan, ada satu istilah baru yang kerap disebut di industri hotel, yakni hotel virtual

Keberadaan hotel virtual ini pun menjadi hal baru bagi masyarakat Indonesia dalam lima tahun belakangan. Kemunculannya menarik hati wisatawan atau tamu untuk menginap di hotel tersebut.

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan hotel virtual?

Hotel virtual adalah penginapan yang dikelola virtual hotel operator. Pemesanan hotel ini dapat dilakukan melalui online dan offline.

Baca juga: Hotel di Indonesia Masuk Daftar 25 Hotel Terbaik di Dunia

Virtual Hotel Operator (VHO) sendiri merupakan platform online yang bekerjasama dengan penginapan sekaligus menghubungkan properti mereka dengan konsumen.

Jika melihat fenomena munculnya VHO di Indonesia baru terjadi sekitar rentang waktu 2015.

Konsep tersebut menurut Widiastuti dan Susilowardhani dalam Virtual Hotel Operator: Is It Disruption For Hotel Industry (2016: 203) mulai masuk ke Indonesia ditandai dengan munculnya beberapa operator seperti Nidia Rooms, Airy Rooms, RedDoorz dan lainnya.

Untuk segi bangunannya, jelas bangunan hotel virtual sama saja seperti hotel biasa. Perbedaan dari hotel virtual dengan hotel konvensional hanya terletak pada sisi manajemen pemasarannya.

 Baca juga: Jangan Bingung, Ini Bedanya Hotel, Hostel, City Hotel dan Resort

Keberadaan hotel virtual juga diakui masih eksis hingga sekarang. Vice President of Operations RedDoorz Adil Ali Mubarak membeberkan alasan tersebut, Kamis (23/1/2020).

Halaman:
Baca tentang


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.