Kompas.com - 22/08/2020, 15:05 WIB


KOMPAS.com - Bagi para pencinta kegiatan selam atau diving pastinya sudah tidak sabar untuk kembali menyelam setelah berbulan-bulan di rumah saja akibat pandemi Covid-19.

Namun jangan khawatir, sebab sebentar lagi para diver sudah bisa kembali menyelam lautan Indonesia dengan aman dan nyaman.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan beberapa anggota Professional Association of Diving Instructors (PADI) telah menyusun panduan protokol kesehatan wisata selam di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Baca juga: Mau Diving dan Snorkeling di Raja Ampat? Lebih Baik Bawa Alat Sendiri

Salah satu tim penyusun panduan selam, Consultant PADI, Abi Carnadie mengatakan, panduan ini sudah menerapkan Cleanliness, Health, Safety, and Environment (CHSE) yang digagas Kemenparekraf.

Ia menjelaskan, ada penambahan dalam panduan wisata diving jika dibandingkan sebelum pandemi dan di masa pandemi, salah satunya adalah disinfeksi peralatan.

"Penambahannya berkaitan dengan disinfeksi peralatan. Nah, ini yang harus dilakukan untuk memastikan kita mengurangi risiko penularan," kata Abi dalam Live Streaming channel Youtube Kemenparekraf bertemakan "Apa Kabar Diving Indonesia", Kamis (20/8/2020).

"Jadi alat sebaiknya satu orang pakai alat itu terus, jangan di-share dengan orang lain," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.