Ini Cara Banyuwangi Yakinkan Wisatawan agar Mau Berkunjung ke Sana

Kompas.com - 23/08/2020, 14:05 WIB
Pantai Pulau Merah di Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGIPantai Pulau Merah di Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

KOMPAS.com – Kabupaten Banyuwangi terus berupaya semaksimal mungkin untuk menarapkan protokol kesehatan di sektor wisata.

Menurut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, upaya yang dilakukan antara lain memberikan sertifikasi terhadap pelaku wisata yang memenuhi dan mengikuti standar protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability).

“Banyuwangi juga melakukan penegakan aturan, misalnya menutup tempat usaha yang tidak memenuhi protokol kesehatan,” kata dia dilansir dari kemenparekraf.go.id, Minggu (23/8/2020).

Ia melanjutkan, hotel, restoran, warung makan, dan homestay yang telah mendapat sertifikasi patuh protokol kesehatan telah dirangkum dalam situs www.banyuwangitourism.com.

Baca juga: G-Land Banyuwangi, Pantai dengan Ombak Terbaik Kedua di Dunia

Upaya tersebut, sambung Bupati Banyuwangi, terus dilakukan untuk meyakinkan wisatawan agar bersedia berkunjung ke Banyuwangi.

Anas melanjutkan, hampir seluruh obyek wisata di Banyuwangi telah menerapkan protokol kesehatan. Beberapa obyek wisata juga sudah buka, salah satunya Kawah Ijen.

Pihaknya juga melatih pelaku wisata agar mereka bisa menjelaskan soal protokol kesehatan kepada para wisatawan.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Menparekraf) Whisnutama Kusubandio mengatakan bahwa penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE merupakan salah satu strategi pariwisata yang penting dalam menciptakan daya tarik.

Jembatan yang Instagramable di Pantai Boom Banyuwangi.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Jembatan yang Instagramable di Pantai Boom Banyuwangi.

“Bisnis pariwisata adalah bisnis kepercayaan. Pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Banyuwangi harus menjalankan protokol kesehatan dengan tanggung jawab,” kata dia.

Menparekraf melanjutkan, upaya itu nantinya akan mampu membangun kepercayaan dan rasa aman bagi wisatawan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X