Ragunan Tutup, Wisatawan Diajak Lihat Satwa Lewat Instagram Live

Kompas.com - 14/09/2020, 17:05 WIB
petugas sedang memberi makan satwa gajah saat simulasi pembukaan Taman Margasatwa Ragunan, Kamis (11/6/2020) KOMPAS.COM/WALDA MARISONpetugas sedang memberi makan satwa gajah saat simulasi pembukaan Taman Margasatwa Ragunan, Kamis (11/6/2020)

KOMPAS.com – Taman Margasatwa (TM) Ragunan ditutup kembali selama PSBB Jakarta mulai Senin (14/9/2020) hingga waktu yang belum ditentukan.

Penutupan tersebut berdasarkan Pergub Nomor 88 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Satuan Pelaksana Promosi TM Ragunan Ketut Widarsana mengatakan bahwa selama penutupan kembali, pihaknya tetap akan melanjutkan acara Instagram Live Bersama Satwa.

“Tetap melanjutkan virtual tour dengan jenis satwa yang berbeda,” kata dia kepada Kompas.com, Senin (14/9/2020).

Baca juga: Biasa Ramai Saat Lebaran, Kini Ragunan Sepi Pengunjung

Instagram Live Bersama Satwa pertama kali disiarkan TM Ragunan melalui akun @ragunanzoo, Minggu (10/5/2020). Dalam siaran itu, pihak kebun binatang menyiarkan gajah Sumatera.

Sementara pada siaran kedua, TM Ragunan mengajak wisatawan untuk bertemu secara virtual dengan harimau Sumatera bernama Hana dan Tino.

Pada siaran ketiga, satwa yang diperkenalkan adalah Siamang. Siaran keempat orangutan Sumatera, siaran kelima buaya, dan siaran keenam bersama jerapah bernama Dirgah, Ayuri70, dan Julang.

Ada juga satwa lain milik TM Ragunan yang diperkenalkan melalui siaran tersebut, seperti burung unta, kuda nil, binturong, pelikan, kura-kura, banteng, babi rusa, anoa, dan rusa sambar.

Baca juga: Berhasil Menangkap Ular Sanca? Serahkan ke Kebun Binatang Ragunan

Sejauh ini, seluruh siaran Instagram Live Bersama Satwa selalu diadakan Hari Minggu. Terkait penambahan jadwal tayang, Ketut mengatakan bahwa rencananya siaran akan tetap diadakan pada hari tersebut.

“Untuk program lain belum ada pembahasan. Jadwal Instagram Live Bersama Satwa belum dirancang, minimal h-1,” sambung dia.

Sebelumnya, Taman Margasatwa Ragunan sudah dibuka kembali sejak Sabtu (20/6/2020) pada masa transisi fase I menuju new normal.

Petugas memberi makan Jerapah (Giraffa) di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Senin (20/4/2020). Pihak pengelola Taman Margasatwa Ragunan tetap melakukan perawatan terhadap seluruh satwa selama pandemi COVID-19.ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR Petugas memberi makan Jerapah (Giraffa) di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Senin (20/4/2020). Pihak pengelola Taman Margasatwa Ragunan tetap melakukan perawatan terhadap seluruh satwa selama pandemi COVID-19.

Pembukaan tersebut diiringi dengan penerapan protokol kesehatan bagi wisatawan dan pengelola tempat wisata.

Selain jam operasional yang diubah menjadi pukul 08.00–13.00 WIB, pembelian tiket pun dilakukan secara online.

Wisatawan wajib memakai masker, jaga jarak satu sama lain, mencuci tangan pada tempat yang telah disediakan, tidak berkerumun, dan mengikuti alur tempuh di dalam area.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X