Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2020, 15:19 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Singapura membagikan voucher SingapoRediscovers senilai 100 dollar Singapura, setara Rp 1.083.530 kepada warganya untuk membangkitkan sektor pariwisata.

Melansir Channel News Asia, Rabu (16/9/2020), seluruh warga Singapura berusia 18 tahun ke atas pada 2020 dapat memanfaatkan voucher tersebut untuk staycation dan membeli tiket atraksi atau tur.

Badan Pariwisata Singapura (STB) pada Rabu menuturkan, voucher tersebut dapat digunakan mulai Desember 2020 hingga akhir Juni 2021.

Baca juga: Scoot Akan Layani Rute Yogyakarta-Singapura dan Semarang-Singapura

Anak-anak dan remaja pun akan mendapatkan subsidi senilai 10 dollar Singapura atau Rp 108.353 untuk tiket atraksi atau tur.

Setiap orang dewasa bisa membeli tiket untuk maksimal enam anak atau remaja dengan harga yang telah disubsidi selama skema tersebut berlangsung.

Minister for Trade and Industry Chan Chun Sing mengatakan, gerakan tersebut akan membantu industri pariwisata lokal yang telah babak belur akibat pandemi Covid-19.

“Ini bukanlah skema bantuan sosial,” kata dia kepada para wartawan di Jurong Bird Park, mengutip Channel News Asia.

Baca juga: Wajib Karantina, Orang yang Masuk Singapura Diberi Pemantau Elektronik

Chan melanjutkan, itu adalah skema ekonomi untuk membantu tempat wisata di Singapura mempertahankan kemampuan yang telah mereka bangun selama bertahun-tahun sembari mengonsolidasikan kapasitas untuk sementara waktu.

Voucher tersebut akan diberikan dalam denominasi 10 dollar Singapura melalui SingPass dan bisa digunakan untuk membeli tiket atraksi dan tur, serta memesan akomodasi di hotel berlisensi.

Voucher untuk mendukung bisnis pariwisata lokal

Pada Agustus, Wakil Perdana Menteri Heng Swee Keat mengumumkan, pemerintah akan memberikan voucher senilai 320 juta dollar Singapura untuk mendukung bisnis pariwisata lokal.

Ilustrasi Singapura - Haji Lane.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Singapura - Haji Lane.

Skema tersebut akan melengkapi kampanye SingapoRediscovers yang diluncurkan pada Juli 2020. Lebih dari 200 penawaran dan paket telah diluncurkan.

Baca juga: Bukit Sidoguro di Klaten, Tempat Wisata Hits Mirip Gardens by the Bay Singapura

“Penawaran dan paket telah diluncurkan untuk mendorong masyarakat untuk menjelajahi berbagai daerah dan aspek kehidupan Singapura,” ujar STB.

Sejumlah voucher tersebut akan memberikan lebih banyak dorongan bagi warga Singapura untuk melakukannya.

Efek ganda dari pemberian voucher

Seluruh hotel berlisensi, serta tempat wisata dan tur yang telah disetujui oleh STB untuk beroperasi atau dibuka kembali akan mendapatkan keuntungan dari skema tersebut.

Chan mengatakan, dia mengharapkan para pedagang akan mendapatkan keuntungan dari efek ganda.

Baca juga: BreadTalk Singapura Hadirkan Kue Tisu Toilet, Bagaimana di Indonesia?

“Kami akan mengharapkan efek ganda tertentu karena saat orang-orang datang ke sini, mereka juga akan belanja hal-hal lain,” kata dia.

Chan melanjutkan, mereka bisa menggunakan voucher untuk membayar tiket atau menangguhkan biaya tiket masuk. Mereka juga akan berbelanja makanan, minuman, dan layanan lain di tempat wisata, seperti hotel atau tur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com