Kompas.com - 20/09/2020, 11:11 WIB
Dusun Butuh di Magelang yang mendapat julukan Nepal van Java. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYADusun Butuh di Magelang yang mendapat julukan Nepal van Java.

KOMPAS.com - Dusun Butuh di Magelang belakangan viral karena pemandangan alam yang disajikan bak Negara Nepal dengan Gunung Everest-nya.

Rumah-rumah penduduk yang seolah bertumpuk di lereng gunung itu lah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Sejak viral di media sosial karena unggahan warganet yang sudah berkunjung, Dusun Butuh pun kini memiliki julukan yakni Nepal van Java atau Nepal dari Jawa.

Jika di Nepal ada Gunung Everest, di Dusun Butuh ada Gunung Sumbing. Para pengunjung yang datang pun beragam.

Baca juga: Nepal van Java Dusun Butuh Magelang yang Unik Berlatar Gunung Sumbing

Ada yang memang sengaja ingin berfoto di Dusun Butuh, menikmati udara sejuk, dan dingin khas Magelang. Ada juga yang sekaligus ingin melakukan pendakian Gunung Sumbing melalui jalur Butuh.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa sampai ke Dusun Butuh yang viral karena mirip di Nepal ini?

Koordinator Forum Pengelola Gunung Sumbing (FPGS) Lilik Setiyawan telah membagikan rute menuju Nepal van Java berikut ini:

Dari Yogyakarta

Jika kamu berasal dari Yogyakarta, bisa langsung mengarah ke Kota Magelang. Sampai di Kota Magelang, kamu bisa arahkan kendaraan ke Pasar Kaliangkrik yang jaraknya 12 kilometer.

Kamu bisa menggunakan bantuan Google Maps selama perjalanan dengan mengetik tujuan Nepal van Java.

Tugu Yogyakarta, ikon Kota Jogja.Shutterstock Tugu Yogyakarta, ikon Kota Jogja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X