Rencana Thailand Sambut Turis Asing, Hanya untuk Liburan Jangka Panjang

Kompas.com - 20/09/2020, 21:31 WIB
Kuil Wat Arun yang terletak di Bangkok, Thailand. shutterstock.com/Nott+SutthipongKuil Wat Arun yang terletak di Bangkok, Thailand.

KOMPAS.com – Ministry of Public Health Thailand mengumumkan rencananya untuk menyambut kembali wisatawan asing, Jumat (18/9/2020).

Melansir Bangkok Post, Sabtu (19/9/2020), pada Selasa (15/9/2020), kabinet setuju untuk mengizinkan wisatawan asing berlibur ke Thailand dengan syarat mereka harus tinggal di sana selama 90 hari dan dapat diperpanjang hingga 270 hari.

Baca juga: Siap-siap, Thailand Akan Buka untuk Turis Asing pada 1 Oktober 2020

Visa turis khusus 90 hari dapat diperpanjang dua kali, masing-masing selama 90 hari. Para wisatawan asing bisa mulai datang ke sana bulan depan.

Namun, terdapat syarat lain yang harus dipatuhi selain periode liburan yang lama. Salah satu syarat disampaikan Director of the Bureau of Mental Health Strategy yang berada di bawah Department of Disease Control (DDC), Chakrarat Pittayawonganon.

Ia mengatakan, wisatawan asing harus menyerahkan bukti hasil negatif tes Covid-19 tidak lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan.

Mereka juga harus dikarantina terlebih dahulu di negara asal dan memiliki asuransi kesehatan untuk perjalanan internasional.

Baca juga: Asosiasi Hotel di Thailand Desak Pemerintah Datangkan Turis Asing

Wisatawan asing juga harus memiliki sejumlah uang minimum di rekening bank dan catatan tidak mengunjungi tempat ramai sebelum keberangkatan.

Selama karantina domestik, mereka harus dites dua kali untuk Covid-19 di awal dan di akhir. Jika keduanya dinyatakan negatif, mereka diizinkan melancong ke Thailand.

Banyak turis asing yang tidak sabar liburan di Thailand

Thailand melaporkan, terdapat lebih dari 2.270 wisatawan asing telah merencanakan perjalanan untuk mengunjungi negara tersebut.

Ilustrasi Thailand - Karon Temple di Phuket.SHUTTERSTOCK / S-F Ilustrasi Thailand - Karon Temple di Phuket.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X