Bakal Ada Experience Tourism di Belitung, Apa Itu?

Kompas.com - 25/09/2020, 14:02 WIB
Geopark Belitong - Geosite Batu Baginda. https://belitonggeopark.net/Geopark Belitong - Geosite Batu Baginda.

KOMPAS.com – Pariwisata Belitung tengah naik daun selama beberapa tahun terakhir sejak masyarakat mulai beralih dari pertambangan ke industri pariwisata.

Melalui perubahan itu, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan bahwa saat ini Belitung sedang membangun Experience Tourism atau wisata berbasis pengalaman.

“Untuk orang datang ke Belitung, bukan hanya melihat indahnya alam, tapi juga bisa merasakan sebuah pengalaman berbeda,” kata dia.

Baca juga: Belitung Masih Ada Harapan Raih UNESCO Global Geopark

Pernyataan itu Isyak sampaikan dalam International Forum On Spice Route 2020 bertajuk Celebrating Diversity and Intercultural Understanding Through Spice Route as One of the World’s Common Heritage, Rabu (23/9/2020).

Saat ini, para petani lada di Belitung sedang terpuruk lantaran harga jual lada yang anjlok yang berada di titik terendah yakni Rp 45.000–Rp 50.000 per kilogram (kg).

Kendati sudah ada langkah dari Pemprov Bangka Belitung (Babel) dan Pemkab belitung dalam inovasi pengolahan lada menjadi sejumlah oleh-oleh menarik, Isyak menuturkan ada langkah lain yang sedang digarap.

“Kami mempersiapkan kebun-kebun lada agar bisa dikunjungi wisatawan. Mereka bisa menggunakan perlengkapan ala petani Belitung, sehingga mereka bisa foto-foto Instagramable,” ujar dia.

Baca juga: Itinerary Wisata Belitung 2 Hari 1 Malam, Rekomendasi Tempat dan Biaya

Selanjutnya, para wisatawan nantinya dapat membawa pulang sejumlah produk lada yang bergam dan bisa ditukar dengan voucher.

Adapun, beberapa produk tersebut antara lain lada dengan kemasan unik dan lada yang telah diolah menjadi produk perawatan tubuh.

Selain beragam produk lada, Isyak mengatakan bahwa lada Belitung juga akan ditampilkan dalam motif batik Belitung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X