Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2020, 09:09 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wisatawan asal Kota Wisata Batu kini dapat dengan mudah pergi ke tempat wisata Gunung Bromo, Malang, Jawa Timur.

Pasalnya, DAMRI bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan resmi melayani trayek angkutan wisata Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) rute Batu menuju Bromo, pada Sabtu (17/10/2020).

Melalui rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (18/10/2020), Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis Sandry Pasambuna mengatakan, peluncuran rute ini sebagai bagian dari inovasi DAMRI untuk memperkuat jaringan transportasi darat sekaligus mendukung peningkatan perekonomian kawasan pariwisata di Malang.

Baca juga: 5 Penginapan di Sekitar Bromo, Mulai dari Rp 300.000-an

"Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) ini merupakan Kawasan yang memiliki fungsi utama pariwisata dan memiliki potensi untuk pengembangan pariwisata yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi," kata Sandry dalam keterangan rilis.

Lanjutnya, salah satu yang ditetapkan adalah KSPN yang dilayani oleh DAMRI, yakni Gunung Bromo di Malang, Jawa Timur.

Acara peresmian rute diadakan bertepatan dengan Hari Jadi ke-19 Kota Batu yang turut dihadiri Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Angkutan Multimoda Dirjen Perhub Darat Ahmad Wahyudi, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, dan General Manager DAMRI Malang Zuryani.

Jadwal dan harga tiket DAMRI jurusan Batu-Bromo

Berikut jadwal keberangkatan dan harga tiket trayek resmi DAMRI Batu - Bromo:

  • Batu-Bromo dengan jam keberangkatan dari Batu pukul 07.00 WIB dan 09.00 WIB
  • Bromo Wonokitri-Batu pukul 16.00 WIB dan 18.00 WIB
  • Tarif yang dikenakan Rp 40.000

Armada bus DAMRI yang akan melayani rute Kota Wisata Batu menuju Bromo.Dokumentasi DAMRI Armada bus DAMRI yang akan melayani rute Kota Wisata Batu menuju Bromo.

Jadwal keberangkatan trayek resmi DAMRI rute Jawa Timur:

  • Terminal Bungurasih–Sukapura (via tol) dengan jam keberangkatan dari Bungurasih pukul 08.00 WIB dan 16.00 WIB, sedangkan dari Sukapura pukul 08.00 WIB dan 12.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp 50.000
  • Terminal Arjosari–Balaikambang, Sendangbiru dengan jam keberangkatan dari Arjosari pukul 07.00 WIB dan 08.00 WIB, sedangkan dari Sendangbiru pukul 16.00 dan 17.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp 25.000
  • Batu–Surabaya (Terminal Bungurasih)–Wali limo (via tol) dengan jam keberangkatan dari Batu pukul 06.00 WIB dan 16.00 WIB, sedangkan dari Terminal Tuba, Wali limo pukul 07.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp 50.000
  • Jember–Bondowoso dengan jam keberangkatan dari Jember pukul 10.00 WIB dan 11.00 WIB, sedangkan dari Bondowoso pukul 10.00 WIB dan 16.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar 15.000
  • Bondowoso–Ijen dengan jam keberangkatan dari Bondowoso pukul 13.00 WIB dan 15.00 WIB, sedangkan dari Ijen pukul 07.00 WIB dan 15.00 WIB. Tarif yang dikenakan GRATIS.

Sandry menambahkan, seluruh operasional bus DAMRI telah dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dengan mengedepankan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan.

"Selain pengaturan jaga jarak penumpang di dalam armada, DAMRI telah memperketat protokol kesehatan lainnya mulai dari wajib penggunaan masker penumpang dan pramudi, mencuci tangan sebelum masuk armada, penyediaan hand sanitizer, serta penyemprotan desinfektan pada seluruh armada yang beroperasi," imbuh dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com