Sumba Punya Bunga Mirip Sakura, Suasana Jadi Seperti di Jepang

Kompas.com - 19/10/2020, 15:03 WIB
Ilustrasi Bunga Sakura Sumba di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. shutterstock/Rizqi Eka MaulanaIlustrasi Bunga Sakura Sumba di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

KOMPAS.com - Bunga sakura identik sebagai ikon Negara Jepang, sehingga negara itu dikenal dengan julukan Negeri Sakura.

Namun, siapa sangka di Kanatang, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, juga memiliki bunga yang mirip dengan sakura.

Kamu bisa menemukan bunga itu sepanjang perjalanan menuju Kampung Kanatang yang terkenal sebagai salah satu sentra produksi tenun ikat Sumba.

Menurut salah seorang perajin tenun ikat Sumba Kornelis Ndapakamang, orang Sumba biasa menyebut pohon berbunga mirip Sakura itu dengan nama bunga Konjil Jawa.

Baca juga: Bunga Sakura Tumbuh dengan Indah di Tengah Wabah Virus Corona

"Kalau pohon sakura seperti ini di Kanatang ke arah utara sana biasa disebut Konjil, Konjil Jawa," kata dia dalam virtual heritage bertemakan "Eksotisme Tenun Sumba" Sabtu (17/10/2020).

Kornelis melanjutkan, ada waktu-waktu terbaik bagi wisatawan agar bisa melihat bunga "Sakura Sumba" mekar dan tampak indah.

Pengunjung bisa datang pada bulan September dan Oktober saat "Sakura Sumba" mekar, yaitu ujung musim kemarau.

Selain di Kanatang, kamu juga bisa melihat pohon ini di daerah Sumba Timur lainnya, yaitu Kecamatan Haharu dan sebagian besar wilayah utara Sumba Timur.

Ilustrasi Bunga Sakura Sumba di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.shutterstock/Humasarah90 Ilustrasi Bunga Sakura Sumba di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Bunga ini memiliki warna yang unik dan indah dengan paduan warna merah muda, merah, dan putih.

Apabila sudah putih, maka tandanya usia bunga itu sudah menua dan akan gugur. Jika kamu ingin berfoto dengan bunga mirip Sakura di Jepang ini, bisa datang pada bulan September dan Oktober setiap tahunnya.

Sementara itu saat sudah memasuki Bulan November, bunga "Sakura Sumba" akan berguguran.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X