Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2020, 08:40 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Libur nasional yang jatuh pada Kamis, 29 Oktober 2020, akan menjadi libur panjang hingga akhir pekan karena diberlakukannya cuti bersama pada hari Jumat.

Berbagai rencana telah dipersiapkan oleh berbagai kalangan untuk menghabiskan libur panjang tersebut bersama orang terdekat.

Meskipun libur panjang, masyarakat harus tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan karena saat ini fase PSBB transisi masih diberlakukan.

Baca juga: 5 Perbedaan Wisata Ancol antara PSBB Transisi Jilid 2 dan 1, Apa Saja?

Ancol, sebagai salah satu pilihan tempat wisata untuk akhir pekan, mengingatkan kembali soal protokol kesehatan di tempatnya.

Lantas, apa saja protokol kesehatan yang diterapkan Ancol?

  • Anak berusia di bawah sembilan tahun dan lansia di atas 60 tahun hanya diperbolehkan memasuki kawasan pantai dan ruang tebuka hijau Allianz Ecopark untuk berolahraga.
  • Pengunjung sudah diperbolehkan berenang di pantai, tetapi harus tetap menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain.
  • Penambahan personel petugas (satgas) protokol Covid-19 juga disiagakan untuk bertugas memantau dan memberikan edukasi kepada pengunjung mengenai penerapan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan air dan sabun yang dikemas dengan slogan SSBB, yaitu Senang Selamat Bareng-Bareng.
  • Manajemen Ancol berharap semua yang datang untuk mematuhi peraturan protokol yang berlaku dan pelaggaran dapat dikenakan sanksi.
  • Satgas Covid-19 Ancol terdiri dari karyawan, Satpol PP, dan TNI/Polri, hingga perbantuan sukarelawan dari alumni Sekolah Rakyat Ancol yang akan berkeliling dan memonitor aktivitas pengunjung.
  • Selain menambah jumlah Satgas Covid-19 Ancol, jumlah kapasitas pengunjung juga dibatasi hanya 25 persen dari maximum occupancy kawasan Ancol.
  • Sementara untuk resor dan restoran dibatasi hingga maksimal 50 persen dari okupansi normal. Pengunjung dapat mengakses Pintu Gerbang Timur dan Carnaval saat melakukan kunjungan.
  • Pintu Gerbang Ancol beroperasi mulai pukul 06.00–21.00 WIB, sedangkan unit-unit rekreasi yang ada di dalamnya yaitu Dunia Fantasi mulai pukul 10.00–17.00 WIB, serta Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol mulai pukul 10.00–16.30 WIB.

Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali mengutarakan, libur panjang akan selalu menjadi momen yang ditunggu oleh setiap orang.

"Namun, di tengah pandemi seperti sekarang diperlukan komitmen yang tinggi oleh semua pengunjung dalam mematuhi sejumlah protokol kesehatan dengan baik," kata Teuku dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (27/10/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com