Aturan Wisata Ancol Saat Libur Panjang, Kapasitas Pengunjung 25 Persen

Kompas.com - 28/10/2020, 08:40 WIB
Pengunjung menaiki wahana di Dufan menjelang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta, Sabtu (12/9/2020). Kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol akan kembali ditutup seiring diberlakukan kembali PSBB oleh Pemprov DKI Jakarta mulai Senin (14/9/2020). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho GumayPengunjung menaiki wahana di Dufan menjelang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta, Sabtu (12/9/2020). Kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol akan kembali ditutup seiring diberlakukan kembali PSBB oleh Pemprov DKI Jakarta mulai Senin (14/9/2020). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras.

KOMPAS.com - Libur nasional yang jatuh pada Kamis, 29 Oktober 2020, akan menjadi libur panjang hingga akhir pekan karena diberlakukannya cuti bersama pada hari Jumat.

Berbagai rencana telah dipersiapkan oleh berbagai kalangan untuk menghabiskan libur panjang tersebut bersama orang terdekat.

Meskipun libur panjang, masyarakat harus tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan karena saat ini fase PSBB transisi masih diberlakukan.

Baca juga: 5 Perbedaan Wisata Ancol antara PSBB Transisi Jilid 2 dan 1, Apa Saja?

Ancol, sebagai salah satu pilihan tempat wisata untuk akhir pekan, mengingatkan kembali soal protokol kesehatan di tempatnya.

Lantas, apa saja protokol kesehatan yang diterapkan Ancol?

  • Anak berusia di bawah sembilan tahun dan lansia di atas 60 tahun hanya diperbolehkan memasuki kawasan pantai dan ruang tebuka hijau Allianz Ecopark untuk berolahraga.
  • Pengunjung sudah diperbolehkan berenang di pantai, tetapi harus tetap menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain.
  • Penambahan personel petugas (satgas) protokol Covid-19 juga disiagakan untuk bertugas memantau dan memberikan edukasi kepada pengunjung mengenai penerapan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan air dan sabun yang dikemas dengan slogan SSBB, yaitu Senang Selamat Bareng-Bareng.
  • Manajemen Ancol berharap semua yang datang untuk mematuhi peraturan protokol yang berlaku dan pelaggaran dapat dikenakan sanksi.
  • Satgas Covid-19 Ancol terdiri dari karyawan, Satpol PP, dan TNI/Polri, hingga perbantuan sukarelawan dari alumni Sekolah Rakyat Ancol yang akan berkeliling dan memonitor aktivitas pengunjung.
  • Selain menambah jumlah Satgas Covid-19 Ancol, jumlah kapasitas pengunjung juga dibatasi hanya 25 persen dari maximum occupancy kawasan Ancol.
  • Sementara untuk resor dan restoran dibatasi hingga maksimal 50 persen dari okupansi normal. Pengunjung dapat mengakses Pintu Gerbang Timur dan Carnaval saat melakukan kunjungan.
  • Pintu Gerbang Ancol beroperasi mulai pukul 06.00–21.00 WIB, sedangkan unit-unit rekreasi yang ada di dalamnya yaitu Dunia Fantasi mulai pukul 10.00–17.00 WIB, serta Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol mulai pukul 10.00–16.30 WIB.

Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali mengutarakan, libur panjang akan selalu menjadi momen yang ditunggu oleh setiap orang.

"Namun, di tengah pandemi seperti sekarang diperlukan komitmen yang tinggi oleh semua pengunjung dalam mematuhi sejumlah protokol kesehatan dengan baik," kata Teuku dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (27/10/2020).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X