Viral, Video Wisatawan Lompat dari Tebing di Pantai Ngandong Yogyakarta

Kompas.com - 30/10/2020, 15:17 WIB
Dua Wisatawan Melompat saat Gelombang Tinggi di Pantai Ngandong, Gunungkidul Jumat (30/10/2020) Tangkapan Layar IG UpdatedisiniDua Wisatawan Melompat saat Gelombang Tinggi di Pantai Ngandong, Gunungkidul Jumat (30/10/2020)

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Viral sebuah video yang merekam aksi nekat dua wisatawan melompat dari tebing saat gelombang tinggi menerjang kawasan Pantai Ngandong, Gunungkidul, Yogyakarta.

Video dua orang itu diketahui kali pertama diunggah oleh akun Instagram @updatedisini. Sampai siang ini, video itu sudah dilihat lebih dari 8.000-an netizen dengan komentar lebih dari 50 orang.

Diunggah ulang oleh akun @beritainaja dengan interaksi yang hampir sama, sebagian besar menyayangkan aksi nekat dua wisatawan tersebut.

Baca juga: Itinerary Seharian di Bukit Wisata Pulepayung Yogyakarta

Dalam video berdurasi 39 detik itu tampak dua wisatawan nekat melompat dari tebing saat gelombang datang. Keduanya lalu sempat berenang beberapa saat.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto membenarkan kejadian itu. Mereka mengaku kewalahan dengan aksi nekat para wisatawan.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 06.00 WIB. Peristiwa ini diketahui pertama kali oleh Sakim, anggota SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul yang bertugas di Pantai Ngandong.

Kedua wisatawan itu sempat berenang dan kesulitan karena gelombang pagi tadi cukup tinggi.

"Karena posisi keduanya itu di rip current (arus balik)," kata Suris saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (30/10/2020).

Baca juga: Rekomendasi 7 Coffee Shop di Yogyakarta, Bisa Lihat Candi Prambanan

Belum diketahui kedua asal wisatawan tersebut. Namun, karena peristiwa tersebut, mereka diberi peringatan oleh petugas agar tidak mengulangi perbuatannya.

Suris mengakui, banyak kasus kecelakaan laut karena wisatawan nekat berenang.

Pihaknya sudah memasang rambu, mengingatkan secara lisan dengan pengeras suara, atau mendatangi langsung, tetapi banyak wisatawan yang tidak memedulikan.

"Kadang mereka cuek ketika diingatkan, sehingga kami sering mengulang-ulang peringatan. Setelah kami pergi, mereka berenang kembali," ucap Suris.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X