Thailand Buka Akses Visa untuk Negara Rendah Risiko Covid-19

Kompas.com - 11/11/2020, 08:14 WIB
Ilustrasi Thailand - Taman Nasional Khao Sok. SHUTTERSTOCKIlustrasi Thailand - Taman Nasional Khao Sok.


KOMPAS.com – Thailand kembali membuka pariwisata mereka untuk turis asing.

Pembukaan kembali pariwisata ini diiringi dengan aturan masuk yang ketat yang dilakukan untuk mencegah terjadinya gelombang kedua pandemi Covid-19 di negara tersebut.

Seperti dilansir dari Travel Daily Media, Thailand sebelumnya menunda semua pembebasan visa ketika memasuki masa lockdown. Hal itu untuk mencegah masuknya turis asing ke Thailand.

Setelah pembukaan kembali pariwisata internasional, Thailand kini menawarkan dua jenis visa untuk para turis.

Ada Tourist Visa atau visa turis yang berlaku selama 60 hari. Kemudian Special Tourist Visa Long yang berlaku hingga 90 hari.

Baca juga: Sambut Turis Asing, Skema Visa Turis di Thailand Resmi Diberlakukan

Wisatawan bisa mengajukan permohonan visa ini di situs resmi pemerintah Thailand. Semua negara boleh membuat permohonan untuk Tourist Visa.

Namun hanya wisatawan yang berasal dari negara-negara rendah risiko yang bisa mengajukan permohonan untuk visa jangka panjang 90 hari. Berikut ini daftar negara-negara yang dianggap rendah risiko:

  1. Arab Saudi
  2. Australia
  3. Bahrain
  4. Brazil
  5. China
  6. El Salvador
  7. Estonia
  8. Fiji
  9. Finlandia
  10. Hong Kong
  11. Kazakhstan
  12. Korea
  13. Kuba
  14. Makau
  15. Norwegia
  16. Pantai Gading
  17. Qatar
  18. Rwanda
  19. Selandia Baru
  20. Singapura
  21. Taiwan
  22. Uruguay
  23. Vietnam

Baca juga: Ada Visa Khusus Turis Asing di Thailand, untuk Negara Mana Saja?

Untuk melakukan pengajuan, berikut ini dokumen atau persyaratan yang dibutuhkan:

  • Pernyataan bank yang menunjukan jumlah pemasukan selama enam bulan terakhir setara dengan 500.000 Baht Thailand atau sekitar Rp 230 juta.
  • Asuransi medis yang mencakup Covid-19 dengan nilai setidaknya 100.000 dolar Amerika atau sekitar Rp 1,4 miliar selama masa tinggal di Thailand.
  • Bukti Aternative State Quarantine (ASQ). Proses karantina wisatawan di hotel-hotel yang sudah disetujui pemerintah Thailand dengan biaya sendiri dari wisatawan.
  • Bukti tes PCR yang menunjunkkan negatif Covid-19 yang diambil dalam kurun waktu 72 jam sebelum penerbangan.

Semua wisatawan harus melakukan tes PCR Covid-19 kedua kalinya ketika kedatangan. Selain itu, wisatawan juga diharuskan menaati semua protokol kesehatan dan keamanan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X