Wisata Batu So’on di Bondowoso, Batu Mirip Stonehenge yang Misterius

Kompas.com - 28/11/2020, 15:37 WIB
Batu Soon di Bondowoso yang mirip Stonehenge-nya Inggris KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYABatu Soon di Bondowoso yang mirip Stonehenge-nya Inggris

KOMPAS.com – Jika Inggris punya Stonehenge, maka Indonesia punya situs wisata Batu So’on. Lokasinya ada di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Situs merupakan batuan besar yang terlihat berdiri tegak, sehingga terlihat unik seperti Stonehenge. Batu-batu di situs Batu So’on memiliki tinggi sekitar 25 meter.

Hingga kini belum diketahui dengan pasti peristiwa alam apa yang menyebabkan terbentuknya Batu So’on ribuan tahun silam.

Batu So'on berjarak sekitar 42,5 kilometer (km) dari pusat Kota Bondowoso dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Sejarah Batu So’on Bondowoso

Nama Batu So’on ternyata bukanlah nama asli dari situs bebatuan ini. Menurut penjaga situs wisata Batu So’on bernama Asmadiyono, dahulu Batu So’on bernama “Pandepa”.

“Pandepa itu dari kata pendopo. Itu hasil dari tempat ini jadi pertemuan-pertemuan orang dahulu kala,” kata Asmadiyono ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (27/11/2020).

Baca juga: Berburu Foto Selfie di Indian Camp, Tempat Wisata Terbaru di Bondowoso

Nama Batu So’on sendiri mulai digunakan ketika situs bebatuan tersebut diubah jadi tempat wisata dan dikelola Dinas Pariwisata Bondowoso sejak 2016.

“Jadi lebih menarik namanya maka diubah jadi Batu So’on. So’on itu berasal dari bahasa Madura yang berarti tersusun,” sambung dia.

Fasilitas dan aktivitas Batu So’on

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X