Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2020, 10:10 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Yogyakarta memilkiki banyak sekali tempat wisata. Tak hanya wisata budaya dan pantai, hamparan sawah di sana pun memiliki panorama menawan, sehingga layak dikunjungi.

Pronosutan View yang ada di Kabupaten Kulon Progo menjadi satu tempat yang menawarkan keindahan hamparan sawah nan instagramable.

Di Pronosutan View, pengunjung akan dibuat takjub dengan panorama sawah yang membentang luas bak permadani hijau raksasa berlatar belakang Perbukitan Menoreh.

Baca juga: Pronosutan View Kulon Progo, Pesona Hamparan Sawah Bak Permadani Hijau

Kompas.com telah merangkum panduan lengkap berkunjung ke Pronosutan View, mulai dari rute, waktu terbaik, hingga panduan transportasi umum untuk ke sana.

1. Rute menuju Pronosutan View

Pronosutan View berada tidak jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Jaraknya sekitar 20 kilometer (km) saja dengan waktu tempuh kurang-lebih 30-45 menit.

Hal itu menjadikan Pronosuta View sebagai tempat wisata alternatif saat berkunjung ke Yogyakarta karena lokasinya yang tak terlalu jauh.

Rutenya pun sangat mudah. Dari Tugu Yogyakarta, cukup ambil jalan ke barat. Nantinya, perjalanan akan melewati Jembatan Progo, perempatan Nanggulan, dan Pasar Kenteng.

Lurus sedikit lagi lalu belok kanan, nantinya hamparan sawah indah Pronosutan View akan tersaji di sebelah kiri. Klik tautan ini untuk info selengkapnya seputar rute menuju Pronosutan View.

2. Waktu terbaik ke Pronosutan View

Pronosutan View merupakan sawah, sehingga ada saatnya baru ditanam dan dipanen. Tentu hamparan bagai permadani hanya dapat ditemukan saat sawah sedang masuk masa tanam.

ILustrasi udaraKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA ILustrasi udara

Jangan sampai datang saat sawah baru saja dipanen karena takkan ada hamparan permadani untuk sementara waktu. Ada pula saat di mana lahan persawahan di sana ditanami palawija, yakni pada musim kemarau.

Saat terbaik ke Pronosutan View adalah 2-3 minggu sampai 2,5 bulan setelah ditanami. Biasanya padi ditanam awal tahun dan menguning mulai maret. Setelah panen, padi kembali ditanam sekitar Mei, sehingga akhir Juni-Agustus biasanya padi sudah menguning.

Selanjutnya, padi kembali ditanam untuk periode Oktober-Desember. Klik tautan ini untuk info lebih lanjut seputar waktu terbaik mengunjungi Pronosutan View.

3. Tips berkunjung ke Pronosutan View

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com