Apa Itu Chuseok? Hari Raya Thanksgiving ala Korea

Kompas.com - 05/12/2020, 18:58 WIB
Ilustrasi Korea Selatan - Dua orang wisatawan sedang menggunakan hanbok dan berjalan-jalan di Bukchon Hanok Village, Korea Selatan. SHUTTERSTOCK / OKB phuaorneerIlustrasi Korea Selatan - Dua orang wisatawan sedang menggunakan hanbok dan berjalan-jalan di Bukchon Hanok Village, Korea Selatan.


KOMPAS.com – Chuseok merupakan salah satu perayaan terbesar di Korea Selatan selain Seollal dan Dano.

Dilansir dari Korea Online Visa, Chuseok jadi perayaan untuk hari panen musim gugur dan juga menghormati anggota keluarga yang lebih tua.

Chuseok juga sering disebut sebagai hari raya Thanksgiving ala Korea dan jadi salah satu hari libur paling penting di sana.

Baca juga: 10 Restoran dan Kafe pada Drama Korea The World of the Married, Simpan untuk Liburan Nanti

Seperti dilansir dari Visit Korea, banyak keluarga yang berkumpul untuk hari raya ini. Entah berada jauh atau dekat, mereka akan berkumpul untuk berbagi makanan dan cerita, juga untuk berterima kasih pada leluhur.

Di tahun 2020 ini, hari raya Chuseok jatuh pada 1 Oktober. Hari libur nasionalnya mulai dari 30 September–2 Oktober 2020.

Arti Chuseok

Chuseok sering pula disebut sebagai hangawi. “Han” memiliki arti “besar”, sementara “gawo” punya arti “hari tengah di bulan kedelapan atau musim gugur”.

Berdasarkan kalender bulan, bulan panen atau bulan terbesar dalam setahun akan muncul pada hari kelima belas di bulan kedelapan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X