Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Serentak 2020, 12 Tempat Wisata di Jakarta Tutup

Kompas.com - 08/12/2020, 21:01 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebanyak 12 tempat wisata di Jakarta tutup selama pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak berlangsung pada Rabu (9/12/2020).

Berdasarkan informasi yang diunggah di Instagram Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta @disparekrafdki, Selasa (8/12/2020), berikut daftarnya yang telah Kompas.com rangkum:

  1. Museum Sejarah Jakarta
  2. Museum Prasasti
  3. Museum Joang 45
  4. Museum MH Thamrin
  5. Museum Seni Rupa dan Keramik
  6. Museum Wayang
  7. Museum Tekstil
  8. Museum Sumpah Pemuda
  9. Museum Bahari
  10. Rumah Si Pitung
  11. Taman Arkeologi Onrust
  12. Museum Kebangkitan Nasional

Untuk Museum Kesejarahan yang terdiri dari Museum Sejarah Jakarta, Museum Prasasti, Museum Joang 45, dan Museum MH Thamrin, informasi penutupan diunggah melalui akun Instagram @museumkesejarahan.

Melalui unggahan tersebut, pihak pengelola Museum Kesejarahan mengumumkan bahwa empat tempat wisata akan dibuka kembali pada Kamis (10/12/2020).

Baca juga: Kisah Pulau Onrust, Pulau yang Tak Pernah Beristirahat

Senada dengan hal tersebut, pihak pengelola Museum Seni yang terdiri dari Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, dan Museum Tekstil juga mengunggah hal yang sama dalam akun Instagram @museum_senijkt.

“Sehubungan dengan diadakan Pilkada Serentak pada tanggal 9 Desember 2020, Museum Tekstil, Museum Wayang dan Museum Seni Rupa dan Keramik dibawah Unit Pengelola Museum Seni menutup Pelayanan pada hari tersebut,” seperti tertera dalam unggahan tersebut.

Di balik layar proses pemotretan Sumpah Pemuda Kompas di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat, Selasa (27/10/2015).Kompas/Priyombodo Di balik layar proses pemotretan Sumpah Pemuda Kompas di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat, Selasa (27/10/2015).

Kemudian, Museum Sumpah Pemuda juga mengunggah informasi penutupan melalui akun Instagram @museumsumpahpemuda.

Sama dengan museum-museum yang telah disebutkan, Museum Sumpah Pemuda juga akan dibuka kembali pada Kamis dengan layanan seperti biasa.

Akun Instagram @museumkebaharianjkt yang mengelola Museum Bahari, Rumah Si Pitung, dan Taman Arkeologi Onrust juga mengunggah informasi terkait penutupan sementara tempat wisata mereka.

Baca juga: Ini Rasanya Tidur di Museum Bahari Saat Malam Hari

“Mimin mau kasih tahu nih kalau besok tanggal 9 Desember 2020, destinasi di bawah UP Museum Kebaharian Jakarta yang terdiri dari Museum Bahari, Rumah Si Pitung dan Taman Arkeologi Onrust TUTUP karena bertepatan dengan PILKADA serentak,” seperti tertera dalam unggahannya.

Sementara untuk Museum Kebangkitan Nasional, pihak pengelola turut mengunggah informasi penutupan sementara lewat akun Instagram @muskitnasofficial.

Mereka juga mengumumkan bahwa tempat wisata akan dibuka kembali seperti biasa pada Kamis, sama dengan sejumlah tempat wisata yang telah disebutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com