Ada Isu Bali Tidak Larang Perayaan Tahun Baru, Benarkah?

Kompas.com - 14/12/2020, 21:00 WIB
Ilustrasi Bali - Bukit Campuhan di Kabupaten Gianyar, Bali. SHUTTERSTOCK / Breslavtsev OlegIlustrasi Bali - Bukit Campuhan di Kabupaten Gianyar, Bali.

KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali belum melarang pagelaran acara perayaan Tahun Baru 2021.

Kendati demikian, keputusan tersebut masih bersifat tentatif dan dapat berubah sesuai dengan keputusan Gubernur Bali I Wayan Koster.

“Pak Gubernur (Bali) baru akan rapat koordinasi (rakor) Rabu (16/12/2020), setelah itu konferensi pers resmi. Surat edaran gubernur akan tegas pengetatan Nataru. Tunggu aja hasil rakor,” kata Ketua Pelaksana Satgas Covid-19 Bali, I Made Rentin, kepada Kompas.com, Senin (14/12/2020).

Senada dengan hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Bali Putu Astawa juga mengatakan hal yang sama terkait larangan perayaan Tahun Baru.

“Masalah kebijakan ada di tangan pak gubernur,” ucapnya kepada Kompas.com, Senin.

Baca juga: Jadwal Penerbangan Tambahan Garuda Indonesia Surabaya-Bali Desember 2020

Epidemiolog Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Hermawan Saputra mengatakan, tidak adanya larangan terhadap acara perayaan Tahun Baru berisiko.

Hal ini karena apa pun bentuk acara dan aktivitas yang dilakukan, selama ada risiko keramaian dan potensi kerumunan, akan berdampak pada situasi dan kondisi Covid-19 di Bali.

“Risiko keramaian dan potensi kerumunan akan berdampak ke kenaikan kasus Covid-19,” tuturnya kepada Kompas.com, Senin.

“Tentu sebaiknya ada upaya-upaya untuk protokol kesehatan yang ketat. Tapi juga kalau bisa dihindari,” sambungnya.

Ilustrasi Bali - Pemandangan dari atas bukit di Desa Pinggan, Kintamani, Bangli, Bali.SHUTTERSTOCK / AGUNG KIRANA Ilustrasi Bali - Pemandangan dari atas bukit di Desa Pinggan, Kintamani, Bangli, Bali.

Bisa pesta malam pergantian tahun, tapi ada syaratnya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X