Sandiaga Imbau Wisatawan Menengah ke Atas Liburan di Indonesia Saja

Kompas.com - 29/12/2020, 20:42 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno saat serah terima jabatan di Kemenparekraf, Rabu (23/12/2020). Dok. KemenparekrafMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno saat serah terima jabatan di Kemenparekraf, Rabu (23/12/2020).


KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengimbau para "kaum mampu" wisatawan nusantara untuk berwisata di Indonesia saja.

Pasalnya, ia melihat masih banyak orang Indonesia yang memilih untuk berwisata ke luar Indonesia semenjak beberapa negara kembali membuka perbatasan pada masa pandemi Covid-19 ini. 

Banyak wisatawan Indonesia yang memilih berwisata ke negara-negara seperti Thailand, Dubai, atau Turki dibanding berwisata ke destinasi dalam negeri.

Baca juga: Sandiaga: Labuan Bajo Destinasi Investasi yang Seksi...

“Saya mengimbau dan almost begging kepada kaum mampu ini, menengah ke atas, untuk berwisata nasional,” kata Sandiaga dalam gelaran Jumpa Pers Akhir Tahun 2020 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Selasa (28/12/2020).

Menurutnya, destinasi-destinasi wisata di Indonesia umumnya sudah sangat siap untuk menyambut wisatawan di masa pandemi.

Protokol kesehatan dan sertifikasi cleanliness, health, safety, and environmental sustainibility (CHSE) yang diterapkan para pelaku usaha sudah sangat ketat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau melihat kesiapan di (Labuan) Bajo contohnya, Plataran Group salah satunya, kita sudah sangat siap. Dan ini levelnya kelas dunia,” imbuh Sandi.

Baca juga: Sandiaga Blusukan ke Bali, Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan Ketat

Ia memang tak serta merta melarang wisatawan Indonesia untuk berwisata ke luar negeri. Namun, di masa pandemi seperti ini keberpihakan terhadap para pelaku usaha pariwisata dirasa sangat perlu.

“Saya ingin nanti meluncurkan gerakan selain bangga buatan Indonesia, ada juga bangga berwisata ke Indonesia atau hashtag di Indonesia aja,” tutupnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.