Kompas.com - 05/01/2021, 16:27 WIB
Salah satu situs bersejarah di Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGISalah satu situs bersejarah di Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) mengumumkan bahwa semua tempat wisata sudah dibuka kembali sejak Senin (4/1/2021).

“Sudah buka kembali,” kata Kepala Disbudpar Banyuwangi MY Bramuda saat dikonfirmasi oleh Kompas.com, Selasa (5/1/2021).

Bram menuturkan bahwa saat ini wisatawan sudah bisa berkunjung ke semua tempat wisata di sana, termasuk Kawah Ijen dan Taman Nasional (TN) Alas Purwo.

Baca juga: Harga Tiket Kapal Feri Banyuwangi-Lombok

Meski begitu, kapasitas kunjungan masih dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas maksimal. Pembelian tiket masuk ke tempat wisata pun masih dilakukan secara daring.

“Iya betul, pembelian tiket lewat Banyuwangi Tourism,” tuturnya.

Adapun Banyuwangi Tourism merupakan aplikasi pembelian tiket yang juga memberi informasi terkait jumlah wisatawan yang masuk ke sana.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada kesempatan lain, Bram mengatakan bahwa jika jumlah wisatawan sudah mencapai kapasitas maksimal selama new normal maka calon wisatawan tidak bisa membeli tiket masuk.

Baca juga: Menikmati Sunset di Pantai Pulau Merah Banyuwangi yang Sudah Buka

“Bisa kunci semua destinasi wisata secara online. Kami kunci kalau kapasitas sudah penuh. Misal Kawah Ijen sehari 450 orang. Kalau lebih tidak bisa cetak tiket,” ujarnya mengutip Kompas.com, Senin (28/12/2020).

Pernyataan itu ia sampaikan dalam rapat virtual bersama para Kepala Dinas Pariwisata dari 34 provinsi di Indonesia yang bertajuk “Rapat Strategi Meraih Kepercayaan Wisman & Wisnus untuk Berkunjung ke Destinasi Pariwisata di Era Adaptasi Baru”, Sabtu (26/12/2020).

Tutup pada periode Tahun Baru

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.