Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/03/2021, 19:07 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Berkemah di lereng Gunung Salak, Bogor bisa jadi salah satu pilihan liburan dengan lokasi yang dekat dari perkotaan. Salah satu camping ground yang ada di sana adalah Soekapi Camp yang baru beroperasi sejak Februari 2021.

“Konsepnya adalah untuk orang yang mau escape. Mereka yang memang ingin breakaway dari kesibukan kota, tapi in a unique way,” kata General Manager Inframe Indonesia Sally Tirtadihardja saat dihubungi Kompas.com, Senin (1/3/2021).

Soekapi Camp yang dikelola Inframe Indonesia memang mengusung konsep camping semi hotel. Dengan kata lain, tamu tak perlu membawa peralatan apa pun untuk camping di sana.

Baca juga: Rute dan Harga Tiket Masuk Kampung Tematik Mulyaharja Bogor

Pengelola sudah menyediakan segalanya, mulai dari tenda, tempat tidur, selimut, meja dan kursi, hingga alat-alat mandi, juga segala macam aktivitas liburan yang menarik.

Rute ke Soekapi Camp

Soekapi Camp terletak di Jalan Gunung Malang, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat.

Letaknya sekitar 15 kilometer dari pusat kota Bogor. Jika ditempuh menggunakan mobil, maka butuh waktu sekitar 45 menit saja. Sementara dari kota Jakarta, mungkin butuh waktu maksimal dua jam jika kondisi sedang macet.

Kamu bisa mengikuti arahan menggunakan GPS. Cukup cari lokasi kafe Soekapi yang terletak di area Soekapi Camp. Jangan cari dengan kata kunci Soekapi Camp, karena kamu tidak akan menemukan lokasinya.

Jika kamu memulai perjalanan dari Stasiun Bogor, kamu hanya perlu mengambil Jalan Jembatan Merah terus ke Jalan Raya Gunung Batu. Kemudian susuri Jalan Re. Abdullah. Di pertigaan, ambil arah kiri ke Jalan Aria Surialaga.

Dari sana, terus ikuti jalan hingga masuk ke Jalan Pancasan. Tak jauh dari Puskesmas Pancasan, ada pertigaan. Ambil arah kanan ke Jalan Raya Muara dan Jalan Kapten Yusuf. Terus ikuti jalan hingga masuk ke Jalan Raya Ciapus.

Soekapi CampCopyright Inframe Indonesia Soekapi Camp

Terus susuri jalan hingga melewati Pasar Rakyat Tamansari, dan sampai di Jalan Gunung Malang. Kemudian di pertigaan ambil arah kiri menuju The Highland Park Resort Bogor.

Kemudian terus masuk ke arah kiri. Jarak Soekapi Camp hanya sekitar lima menit saja dari lokasi Highland.

Kondisi jalan ke Soekapi Camp

Karena lokasinya yang cukup terpencil, hingga kini belum ada angkutan umum yang beroperasi hingga ke lokasi Soekapi Camp. Maka dari itu, Sally menyarankan para tamu untuk membawa kendaraan sendiri.

“Tapi kita lagi pikirkan misalnya ada shuttle gitu. Kalau mereka mau berhenti di stasiun kereta atau terminal Baranang Siang, kita bisa jemput gitu, tentunya dengan biaya tambahan,” tutur Sally.

Jaraknya memang agak jauh dari kota Bogor. Namun jalanannya sendiri sudah cukup baik. Walaupun makin dekat ke lokasi camping, jalanan akan makin kecil dan kurang bagus, masih relatif aman untuk dilalui motor atau mobil.

Baca juga: Serunya Camping di Cibodas, Mobil Bisa Parkir Samping Tenda

“Aman untuk dilalui, itu sudah desa-desa. Tapi lagi enggak bagus saja karena memang lagi sering hujan jadinya becek. Kalau lagi hujan ya kayak sungai jalanannya, tapi enggak yang bahaya sampai enggak bisa dilalui gitu,” pungkasnya.

Range harga camping di Soekapi Camp berkisar mulai dari Rp 450.000 untuk Senin-Kamis dan Rp 475.000 untuk Jumat-Minggu. Untuk reservasi, harus dilakukan minimal tiga hari sebelum kedatangan ke nomor +62-811-1380-5755.

Di masa pandemi seperti ini, pastikan untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer secara teratur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com