Kompas.com - 02/03/2021, 12:12 WIB

KOMPAS.com – Maskapai penerbangan Emirates memungkinkan penumpang untuk membeli hingga tiga kursi kosong yang bersebelahan pada penerbangan kelas ekonomi mereka.

Melansir Arab News, Senin (1/3/2021), hal tersebut terjadi lantaran penumpang mencari lebih banyak ruang di pesawat di tengah pandemi.

Pihak Emirates mengatakan, skema baru tersebut akan ditawarkan kepada seluruh penumpang kelas ekonomi dengan pemesanan terkonfirmasi.

Baca juga: Emirates Uji IATA Travel Pass, Platform Digital Informasi Covid-19

Namun, tidak akan ada opsi untuk memesan kursi kosong terlebih dahulu. Pelanggan hanya bisa membeli kursi setelah check-in di bandara dengan harga 55-165 dollar AS.

Emirates menuturkan bahwa langkah tersebut didasarkan pada ulasan penumpang, terutama terkait mencari privasi dan ruang ekstra saat terbang menggunakan kelas ekonomi.

Para penumpang yang cenderung membeli kursi tambahan, termasuk pasangan dan orangtua dengan bayi di pangkuan. Selanjutnya, penumpang yang ingin menjaga jaga selama bepergian di tengah pandemi juga cenderung membelinya.

Ilustrasi pesawat - Emirates SkyCargo (dok. Emirates SkyCargo)dok. Emirates SkyCargo Ilustrasi pesawat - Emirates SkyCargo (dok. Emirates SkyCargo)

Maskapai-maskapai di Teluk Persia (Gulf) tengah mencari cara baru untuk mendorong penumpang kembali terbang. Sebab, industri penerbangan di sana sedang bergulat dengan pembatasan perjalanan internasional yang berkelanjutan.

Saat ini, International Air Transport Association (IATA) memperkirakan bahwa industri penerbangan akan tetap kekurangan pendapatannya selama 2021.

“Dengan pemerintah yang memperketat pembatasan perbatasan, 2021 akan menjadi tahun yang lebih sulit dari perkiraan sebelumnya,” kata Director General dan CEO IATA Alexandre de Juniac mengutip Arab News.

Baca juga: Emirates Buka Lagi Penerbangan ke Istanbul Mulai 21 Desember 2020

Ia melanjutkan, skenario  terbaik tahun 2021 adalah maskapai penerbangan menghabiskan uang tunai sebesar 75 miliar dollar AS dan lebih buruk lagi, bisa sampai 95 miliar dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Arab News


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.