Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2021, 19:07 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Liburan tidak perlu jauh-jauh. Bagi masyarakat Jakarta, ternyata ada banyak destinasi wisata menarik di sekitar Ibu Kota yang bisa dikunjungi saat liburan.

Berkunjung ke destinasi menarik di sekitar Jakarta tentu tak terlalu membuang waktu dan tenaga karena jaraknya yang dekat. Sensasi jalan-jalan pun masih bisa dinikmati.

Berikut ini adalah 5 destinasi wisata menarik di sekitar Jakarta yang pas dikunjungi saat liburan:

1. Sentul

Sentul menjadi kawasan yang sering dikunjungi wisatawan asal Jakarta. Selain lokasinya cukup dekat, Sentul juga menawarkan banyak tempat wisata menarik yang bisa didatangi.

Taman Fathan Hambalang Sentulinstagram.com/tamanfathan_hambalang Taman Fathan Hambalang Sentul

Baca juga: 5 Vila dengan Private Pool di Sentul untuk Menginap Saat Hari Libur

Anda bisa melakukan trekking di sentul dengan berbagai macam tingkat kesulitan, atau bahkan mengunjungi kafe dengan desain unik dan instagramable.

2. Bogor

Selain punya banyak wisata alam, Bogor juga terkenal dengan wisata kuliner yang rasanya tidak pernah habis untuk dijelajah. Jika ke Bogor, coba kunjungi kawasan pecinan Suryakencana.

Ilustrasi Curug Leuwi Hejo, Bogor.shutterstock.com/Aldy+Syahrizan+Feriniawan Ilustrasi Curug Leuwi Hejo, Bogor.

Baca juga: 5 Tempat Glamping di Bogor yang Asyik, Pas untuk Libur Akhir Pekan

Di sana Anda dapat membeli lumpia basah, es pala yang menyegarkan, dan soto kuning. Selain itu Anda juga dapat membeli asinan khas bogor untuk dibawa pulang.

3. Geopark Ciletuh

Bosan dengan suasana kota? Cobalah mampir ke Geopark Ciletuh yang terletak di Sukabumi. Tempat ini dipenuhi berbagai pilihan wisata alam, seperti pantai dan air terjun. Lanskap yang indah dan unik menjadi daya tarik tersendiri dari Geopark ini.

Puncak Darma di Geopark Ciletuh, Sukabumi.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Puncak Darma di Geopark Ciletuh, Sukabumi.

Geopark Ciletuh juga memiliki banyak akomodasi dan tempat menginap yang estetik dan instagramable. Beberapa tempat wisata di sana, antara lain adalah Puncak Darma dan Curug Cikaso.

4. Kepulauan Seribu

Pulau Seribu merupakan destinasi wisata unggulan warga Ibu Kota yang rindu akan pesona laut dan pantai. Selain akses yang mudah, Kepulauan Seribu juga memiliki keindahan bawah laut yang memesona.

Di Pulau Onrust terdapat Taman Arkeologi Onrust yang memuat sisa runtuhan karantina haji tahun 1911, makam keramat Kartosoewiryo, dan Benda Cagar Budaya lainnya. 
KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI Di Pulau Onrust terdapat Taman Arkeologi Onrust yang memuat sisa runtuhan karantina haji tahun 1911, makam keramat Kartosoewiryo, dan Benda Cagar Budaya lainnya.

Anda bisa snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan terumbu karang di habitat alaminya. Selain itu, Kepulauan Seribu juga menyediakan berbagai macam akomodasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

5. Cianjur

Berbatasan dengan Puncak, wilayah Cianjur juga memiliki banyak tempat wisata yang bisa dijelajah bersama keluarga.

Little Venice, Cianjur.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Little Venice, Cianjur.

Baca juga: Itinerary Wisata Cianjur 2 Hari 1 Malam, Ini Rekomendasi dan Kisaran Biayanya

Anda bisa mengunjungi Little Venice di Kota Bunga, piknik di Kebun Raya Cibodas, melihat hamparan Kebun Teh Sokanegara, bahkan pergi ke Curug Ciismun untuk bersantai sejenak dari hiruk pikuk Ibu Kota.

Jika Anda memutuskan untuk mampir, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Cianjur, seperti mochi, dan juga roti manis Tan Keng Cu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com