Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/03/2021, 15:03 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kabupaten Bogor memiliki beragam pilihan tempat wisata bernuansa alam yang dilengkapi dengan udara sejuk dan suasana tenang.

Salah satunya adalah Kopi Tubing, Svargabumi-nya Bogor di Kecamatan Pamijahan yang menawarkan pemandangan hamparan sawah, udara sejuk, dan kegiatan river tubing yang mengasyikkan.

Baca juga: Kopi Tubing, Svargabumi-nya Bogor dengan Kegiatan River Tubing

Jika kamu belum puas dan masih ingin jalan-jalan di sana, terdapat lima tempat wisata dekat Kopi Tubing yang bisa kamu kunjungi. Apa saja?

Berikut Kompas.com rangkum lima tempat wisata dekat Kopi Tubing yang menawarkan nuansa alam, Selasa (2/3/2021):

1. Puncak Menir

Puncak Menir dapat ditempuh selama sekitar delapan menit menggunakan mobil karena jaraknya hanya 2,5 kilometer (km) saja.

Namun, ada baiknya kamu menggunakan motor lantaran jalur dengan pemandangan hamparan sawah yang mengarah ke pintu masuk terbilang cukup kecil.

Tempat wisata bernama Puncak Menir di Kabupaten Bogor (dok. Instagram @puncakmenir).dok. Instagram @puncakmenir Tempat wisata bernama Puncak Menir di Kabupaten Bogor (dok. Instagram @puncakmenir).

Dari Puncak Menir, gagahnya Gunung Salak dengan mudah terlihat dari sebuah gardu pandang. Ada juga pemandangan sawah, hutan, dan pepohonan rindang yang terlihat.

Baca juga: Main ke Setu Tamansari di Bogor, Naik Perahu Sambil Lihat Gunung Salak

Ada juga spot lain seperti sebuah saung, jembatan bambu yang berada di antara pepohonan, serta gandung pandang yang dilengkapi dengan sebuah kursi untuk berfoto.

Puncak Menir terletak di Jalan KH Parta, Kampung Gunung Menir kilometer 20, Ciasihan, Kecamatan Pamijahan.

2. Bukit Panorama

Jarak dari Kopi Tubing menuju Bukit Panorama adalah 3,1 km atau sekitar 12 menit menggunakan mobil. Lokasinya ada di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan dan masuk dalam kawasan wisata Gunung Salak Endah.

Bagi yang ingin berfoto sambil memacu adrenalin, kamu bisa coba naik “sepeda terbang”. Meski jantung mungkin akan berdebar, kamu akan disuguhi pemandangan perbukitan yang indah.

Baca juga: Kampung Tematik Mulyaharja Bogor, Wisata Edukasi yang Instagramable

Tempat wisata bernama Bukit Panorama di Kabupaten Bogor (dok. Instagram @bukitpanorama.id).dok. Instagram @bukitpanorama.id Tempat wisata bernama Bukit Panorama di Kabupaten Bogor (dok. Instagram @bukitpanorama.id).

Spot foto lain yang tersedia adalah gardu pandang dengan hiasan tanaman, sebuah dek kayu yang berada di dekat beberapa batang pohon, serta gardu pandang yang menyerupai sebuah jembatan kecil.

Jika ingin duduk-duduk santai, terdapat sebuah dek dan tempat duduk yang letaknya saling berdekatan. Di sana, pengunjung juga bisa berkemah atau menyewa penginapan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com