Kompas.com - 07/03/2021, 19:01 WIB

 

KOMPAS.com – Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang kerap dikunjungi wisatawan nusantara dan mancanegara.

Sebab, Yogyakarta menawarkan beragam pilihan kegiatan wisata, termasuk selfie. Tempat wisatanya pun beragam, sehingga ada banyak pilihan.

“Biasanya saat ini (wisatawan) mencari spot foto. Sekarang bisa dikatakan yang hits itu berburu sunset, lebih ke daerah Gunungkidul,” kata guide Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Prambanan Ratu Boko bernama Yulianto kepada Kompas.com, Minggu (7/3/2021).

Baca juga: 8 Tempat Makan di Jogja Ini Punya Pemandangan Indah

Kendati demikian, daerah perkotaan pun masih digemari wisatawan yang gemar berswafoto ria karena di sana terdapat kawasan Jalan Malioboro.

Jika ingin wisata selfie di Jogja, Yulianto mengatakan bahwa saat ini seluruh tempat wisata di Yogyakarta telah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar jika ingin tetap buka.

“Syarat utama untuk dibuka lagi adalah protokol kesehatan. Sebelum buka, ada pihak yang memastikan protokol kesehatan sudah sesuai standar. Ada sidak dari pihak terkait,” jelasnya.

Baca juga: 9 Tempat Ngopi di Yogyakarta dengan Pemandangan yang Instagramable

Kendati demikian, wisatawan tetap wajib menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan tidak bepergian jika sakit.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut itinerary wisata selfie di Jogja:

Transportasi di Yogyakarta

Jika ingin berwisata di Yogyakarta, Yulianto mengatakan bahwa pilihan transportasi dapat disesuaikan dengan jumlah orang yang hendak bepergian.

Untuk 1-2 orang bisa naik motor agar tujuan lebih cepat terjangkau dan kamu bisa menghindari kemacetan. Sementara untuk lebih dari empat orang bisa menggunakan mobil.

“Penyewaan mobil kisaran Rp 300.000-an,” katanya.

Baca juga: Itinerary Seharian Wisata di Jalur Jogja-Dieng via Wonosobo Naik Motor

Namun, harga akan disesuaikan apakah lepas kunci atau tidak, jarak tempat wisata yang hendak dikunjungi saling berdekatan atau tidak, serta apakah peminjaman mobil memakan waktu yang cukup lama, misalnya lebih dari satu hari.

Untuk penyewaan motor, salah satu rental motor yang lokasinya dekat dengan Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Tugu adalah WS Rental Jogja dengan harga mulai dari Rp 70.000 per 24 jam.

Ada juga JOGJIG Rental Motor di depan Stasiun Lempuyangan dengan harga sewa mulai dari Rp 60.000. Kedua usaha rental motor tersebut sudah dilengkapi peminjaman helm dan jas hujan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.