Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2021, 17:05 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.comKepulauan Madeira di Portugal mengizinkan wisatawan yang telah divaksinasi Covid-19 berkunjung tanpa melakukan tes Covid-19 saat kedatangan.

Melansir Travel and Leisure, Kamis (4/3/2021), media publikasi bernama Euro Weekly News melaporkan bahwa wisatawan harus menunjukkan sertifikat resmi yang mencakup tanggal dan rincian vaksinasi.

Mengutip Travel Daily Media, Kamis, para pelancong yang telah divaksin dapat berkunjung ke sana melalui “koridor hijau” yang saat ini sudah ada.

Baca juga: Menginap Bersama Cristiano Ronaldo di Lisbon Portugal

Adapun, koridor tersebut saat ini menerima wisatawan yang tiba dengan hasil negatif tes PCR yang dilakukan dalam waktu 72 jam.

Bagi pelancong yang sudah divaksin, bukti vaksinasi Covid-19 harus memiliki masa berlaku hingga 90 hari.

Sertifikat vaksin Covid-19 setiap negara diterima dengan syarat mencakup informasi tentang tanggal dari dua dosis yang vaksin yang diterima.

Baca juga: World of Wine, Atraksi Wisata Baru bagi Pencinta Anggur di Portugal

Dokumentasi dalam bahasa Inggris harus diserahkan melalui aplikasi Madeirasafe.com sebelum melakukan perjalanan.

Menurut informasi dalam Visitmadeira.pt, seluruh penumpang yang berkunjung ke sana akan dimonitor melalui aplikasi Madeirasafetodiscover.com, Regional Health Authority, atau melalui kontak telepon.

Wisatawan yang sembuh dari Covid-19 juga bisa berkunjung

Selain mereka yang telah divaksin Covid-19, wisatawan yang telah sembuh dari Covid-19 juga dapat berkunjung tanpa melakukan tes Covid-19.

Ilustrasi Portugal - Pemandangan di Kepulauan Madeira (Shutterstock/Balate Dorin).Shutterstock/Balate Dorin Ilustrasi Portugal - Pemandangan di Kepulauan Madeira (Shutterstock/Balate Dorin).

Akan tetapi, mereka harus menunjukkan bukti pemulihan Covid-19 dalam 90 hari terakhir yang divalidasi negara asal masing-masing.

Bukti tersebut harus mencakup nama, tanggal lahir, nomor kesehatan, jenis dan tanggal tes, juga secara eksplisit menyebutkan bahwa mereka telah pulih.

Baca juga: Portugal Buka Kembali Pariwisata dengan Stempel Clean & Safe

Wisatawan yang tidak pernah terjangkit Covid-19 dapat berkunjung dengan pilihan memberi hasil negatif tes PCR atau bukti vaksinasi Covid-19.

Selain itu, mereka juga bisa melakukan tes saat kedatangan dan karantina sembari menunggu hasil tes keluar.

Baca juga: Maskapai Asal Portugal Kini Bebas Plastik Sekali Pakai

Meski Kepulauan Madeira menerima wisatawan yang telah divaksinasi Covid-19, Portugal masih melarang kedatangan warga Amerika Serikat tanpa tempat tinggal di Uni Eropa.

Pemerintah Madeira mengatakan, mereka telah memvaksinasi lebih dari 22.000 penduduk lokal dan mengharapkan telah mengimunisasi 60-70 persen dari populasinya pada akhir 2021.

Menurut data resmi pemerintahan, Madeira melaporkan kurang dari 7.500 kasus yang dikonfirmasi dan 64 kematian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com